Ragam  

Sukoharjo Apel Gelar Pasukan, Siap Amankan Pilkades Serentak 8 Desember

Bupati bersama Kapolres dan Dandim saat Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak, Rabu (30/11/2022)

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak se Kabupaten Sukoharjo di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Sukoharjo, Rabu (30/11/2022). Apel tersebut dipimpin oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim Letkol Inf Agus Adhy Darmawan. Pilkades serentak 13 desa akan digelar pada 8 Desember mendatang.


Bupati mengatakan, kerawanan yang mungkin akan timbul saat Pilkades harus dapat diantisipasi oleh semua pihak dengan bekerja sama dan bersinergi dengan baik. Pilkades yang digelar 6 tahun sekali ini, merupakan salah satu pilar utama terselenggaranya Pemerintahan Desa yang demokratis.

“Pilkades direncanakan digelar pada tanggal 8 Desember 2022 dan dilaksanakan di 13 desa di delapan kecamatan dimana jumlah pemilih sebanyak 44.338 jiwa,” terang Bupati.

Menurutnya, diperlukan langkah pengamanan yang nyata untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta untuk menambah rasa percaya diri masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya secara langsung, jujur dan rahasia.

Bupati juga mengatakan TNI dan Polri memperkuat soliditas dan sinergitas guna mewujudkan Pilkades yang aman, lancar dan damai, menjaga netralitas TNI dan Polri serta menghindari tindakan yang dapat mencedari netralitas TNI dan Polri dalam menyelenggarakan setiap tahapan Pilkades.

Tak hanya itu Bupati Sukoharjo juga menggelorakan dekalrasi damai Pilkades Sukoharjo “Bermartabat” Bersih, Aman dan damai, Jujur, Transparan dan Amanat, dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkades.


Sedangkan Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyampaikan untuk pengamanan kolaborasi bersama TNI dan juga Linmas. Nantinya, dimasing-masing TPS akan ditempatkan petugas gabungan TNI/Polri dan Linmas untuk memberi pengamanan.

Rayonisasi dibagi dalam tiga, yakni wilayah utara meliputi Kecamatan Baki dan Baki, wilayah tengah Kecamatan Mojolaban, Polokarto dan Bendosari, dan sektor selatan meliputi Kecamatan Nguter, Bulu, dan Weru.

“Untuk personel dari TNI/Polri sekitar 500 orang dimana khusus Polri 350 personel. nanti masih dibantu Satpol PP dan juga Linmas,” ungkapnya.

Dalam pengamaman, lanjut Kapolres, semua wilayah diperlakukan sama dan nantinya masih didukung oleh personel cadangan yang mobile melakukan patroli memantau situasi.

Seperti diketahui 13 desa yang akan menggelar pilkades serentak pada 8 Desember 2022 masing-masing Desa Karangtengah (Weru) tiga cakades, Desa Tiyaran (Bulu) dua cakades, Desa Tanjung (Nguter) dua cakades, Desa Manisharjo (Bendosari) lima) cakades, Desa Puhgogor (Bendosari) dua cakades, Desa Bulu (Polokarto) dua cakades, Desa Kayuapak (Polokarto) tiga cakades.

Kemudian Desa Jatisobo (Polokarto) dua cakades, Desa Plumbon (Mojolaban) tiga cakades, Desa Kadilangu (Baki) calon, Desa Ngemplak (Kartasura) tiga calon, Desa Pabelan (Kartasura) lima calon, dan Desa Gumpang (Kartasura) dua cakades. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *