Suka Mendengarkan Earphone Saat Tidur? Simak Resikonya

Resiko tidur memakai earphone. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Mendengarkan musik menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas keseharian salah satunya saat beristirahat malam. Bahkan, tidak sedikit yang membiarkan musik volume kencang terus menyala lewat earphone di sepanjang malam.


Ya, musik memang dapat membantu kamu istirahat lebih cepat. Tetapi, tahukah kamu jika kesehatan telinga bisa terganggu bahkan kerusakan permanen juga bisa disebabkan akibat penggunaan earphone berlebihan saat tertidur? Sebagaimana dilansir dari Cleveland Clinic Rabu (8/02/2023), ini beberapa dampak buruk dari kebiasaan tidur memakai earphone.

1. Telinga Berair dan Gatal-gatal
Terbiasa mendengarkan suara bising langsung ke dalam telinga dapat melukai gendang serta dinding telinga, akibat tingkat sensitivitas yang meningkat. Kondisi telinga yang lembap karena tertutup earphone membuat luka tersebut menjadi berair dan sulit sembuh.


2. Telinga Berdenging
Manusia memiliki kelenjar minyak di dalam liang telinga yang berperan untuk melindungi telinga dari masuknya benda asing.Ketika kamu terus-menerus mendengarkan suara keras sepanjang malam, kelenjar tersebut akan bekerja lebih lambat dari biasanya.

Kotoran seperti debu serta kuman dapat masuk dan terdorong jauh ke dalam telinga pun berisiko merusak pendengaran. Kondisi ini biasanya diikuti oleh tinnitus atau telinga berdenging yang bisa berlangsung sesaat atau dalam waktu yang lama.


3. Otitis Eksterna
Otitis eksterna atau yang disebut swimmer’s ear ialah infeksi pada saluran telinga bagian luar akibat adanya kuman atau sisa air di dalam telinga.Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penggunaan earphone memicu kelembapan sehingga telinga kehilangan kemampuannya untuk menahan air. Terganggunya fungsi tersebut kemudian meningkatkan pertumbuhan bakteri yang memicu infeksi otitis eksterna.

4. Necrosis
Earphone yang tidak pas bukan hanya membuat telinga nyeri namun juga bisa menyebabkan kematian sel jaringan atau yang disebut necrosis. Pemakaian earphone secara berulang berisiko meninggalkan cedera yang mengganggu kelancaran aliran darah yang memicu matinya sel-sel pada kulit.


5. Kerusakan Otak
Selain memicu gangguan telinga, kebiasaan tidur memakai earphone juga bisa mengganggu kesehatan otak. Suara yang masuk dan berputar sepanjang malam membuat otak tidak bisa sepenuhnya beristirahat sehingga kualitas tidur memburuk.

Belum lagi, hantaran gelombang elektromagnetik yang ada pada earphone juga dapat mengganggu fungsi sel-sel dalam otak yang memicu masalah kesehatan seperti sakit kepala, migrain hingga kerusakan otak jangka panjang. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *