Sindrom Ramsay Hunt Justin Bieber, Ahli Bedah: Ada Tanda-tanda Awal Pemulihan

Justin Beiber. (Foto: Reuters)

Sukoharjonews.com – Penyanyi pop Kanada Justin Bieber menunjukkan tanda-tanda awal pemulihan setelah didiagnosis mengidap virus yang membuat separuh wajahnya lumpuh. Hal itu disampaikan oleh seorang ahli bedah yang berspesialisasi dalam kelumpuhan wajah.


Dalam sebuah video yang diunggah di Instagram, Bieber mengatakan dia mengidap sindrom Ramsay Hunt, yang memengaruhi saraf di telinga dan wajahnya. Dia mencatat bahwa mata kanannya tidak berkedip.

Dikutip dari Reuters, Minggu (12/6/2022), Charles Nduka, konsultan ahli bedah plastik rekonstruktif di Inggris dan salah satu pendiri badan amal kesehatan Facial Palsy UK, mengatakan sekitar 75% pasien dengan sindrom yang menerima pengobatan dini, termasuk steroid dan antivirus, sembuh total.

“Saya memperhatikan dalam video yang dibagikan oleh Tuan Bieber bahwa dia tampaknya memiliki beberapa bukti pemulihan, yang menggembirakan,” kata Nduka kepada Reuters.

“Dengan kelumpuhan wajah, salah satu hal yang paling jelas adalah pasien tidak dapat menutup mata sepenuhnya untuk berkedip dan tidak dapat tersenyum,” tambah Nduka.

“Sebelum senyumnya pulih, hal pertama yang akan berkembang adalah wajah yang semakin simetris saat istirahat. Jadi pangkal hidung sering sedikit terangkat, dan mulutnya menjadi lebih rata. Dalam video yang dibagikan saya bisa melihat. beberapa tanda bahwa ada beberapa pemulihan awal.”

Bieber, 28, mengatakan dia secara fisik tidak dapat melakukan pertunjukannya yang akan datang. Nduka mengatakan dia bekerja dengan pasien di industri hiburan dan penting bagi mereka untuk mengatasi masalah apa pun yang melemahkan sistem kekebalan sebelum kembali bekerja.

“Mereka akan berada di bawah tekanan keuangan dan segala macam tekanan untuk kembali ke sana sesegera mungkin, tetapi hal itu hanya akan menyebabkan masalah jangka panjang,” katanya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.