Simak Ternyata Ini Bahaya Konsumsi Garam Berlebihan untuk Tubuh

Bahaya konsumsi garam berlebihan untuk tubuh. (Foto : Alodokter)

Sukoharjonews.com – Garam secara umum yang diartikan sebagai bahan masakan atau bumbu dapur adalah garam meja dengan unsur kimia natrium klorida dalam istilah ilmu kimia dengan sebutan NaCl. Melalui proses secara kimiawi dari garam ini mempunyai jenis lain, misalnya garam farmasi atau garam pro-analisa.15


Dilansir dari Healthline, Minggu (26/2/2023), menurut penelitian, rata-rata konsumsi garam masyarakat modern berkisar 9–12 gram per hari. Padahal batasan maksimal asupan garam hanya 3,8–5,8 gram atau setara 2/3–1 sendok teh per hari. Konsumsi garam secara berlebihan dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan lho.

Kelebihan Cairan
Cairan yang seharusnya diproses dan dibuang melalui ginjal, justru ditahan oleh tubuh. Akibatnya cairan tidak keluar dalam bentuk urin dan tersimpan di antara organ dan kulit.

Penumpukan cairan di dalam tubuh ini terjadi karena kamu terlalu banyak mengonsumsi garam. Natrium dalam garam mengikat cairan dan menahannya di dalam tubuh.


Tekanan Darah Naik
Makanan tinggi garam juga bisa menyebabkan volume darah yang mengalir di pembuluh darah dan arteri menjadi lebih besar. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Namun, tidak semua orang akan mengalami peningkatan tekanan darah akibat konsumsi makanan tinggi garam. Kepekaan seseorang terhadap garam dipengaruhi oleh faktor genetika, hormon, usia dan obesitas.

Rasa Haus yang Berlebihan
Makan makanan asin juga bisa menyebabkan mulut kering sehingga terus menerus merasa haus. Hal ini terjadi karena tubuh mencoba memperbaiki rasio natrium dan air. Peningkatan asupan cairan bisa menyebabkan kamu lebih sering buang air kecil.


Meningkatkan Risiko Kanker Perut
Menurut penelitian yang melibatkan lebih dari 268.000 peserta, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi garam rata-rata 3 gram per hari memiliki risiko kanker perut 68% lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi garam rata-rata 1 gram per hari.

Menurut ahli, konsumsi garam berlebihan bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap kanker lambung karena garam menyebabkan radang pada lapisan lambung.


Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung dan Kematian Dini
Menurut penelitian, asupan garam yang tinggi menyebabkan peningkatan tekanan darah serta pengerasan pembuluh darah dan arteri. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian dini.

Sebuah studi yang dilakukan selama 20 tahun menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi garam kurang dari 5,8 gram per hari memiliki tingkat kematian terendah. Sementara mereka yang mengonsumsi garam lebih dari 15 gram per hari memiliki tingkat kematian tertinggi. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *