Simak Tanggalnya, Pilkades Gedangan Sudah Ditentukan Waktunya

Kantor Desa Gedangan, Kecamatan Grogol. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemkab Sukharjo telah memutuskan tanggal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gedangan, Kecamatan Grogol. Rencananya, Pilkades Gedangan tidak akan dibarengkan dengan Pilkades serentak pada Desember nanti. Pilkades Gedangan akan digelar terpisah dan dilakukan akhir bulan September ini. Rencananya, Pilkades Gedangan akan dilaksanakan pada 29 September 2018.



“Setelah melalui proses panjang pascaturunnya keputusan PTUN dan koordinasi dengan kecamatan dan tingkat desa, Pilkades Gedangan akan digelar pada 29 September mendatang,” jelas Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, Rabu (12/9).

Dikatakan Aji, dalam koordinasi selama ini, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Gedangan, Kecamatan Grogol menyerahkan ke Pemkab Sukoharjo dalam hal ini berkaitan dengan pengambilalihan pembentukan panitia dan teknis pelaksanaan. Panitia Pilkades sendiri tetap panitia lama sebanyak 21 orang. Namun, dari inventarisasi diketahui hanya 17 yang masih bersedia. Yang empat orang menolak dengan alasan masing-masing. Ada yang beralasan karena kesehatan, ada juga yang tengah berada diluar daerah.

Menurutnya, ada beberapa alasan kenapa 29 September dipilih. Antara lain karena hari Sabtu dan dan pekan terakhir di bulan September. Sabtu dipilih karena merupakan hari libur karena penerapan lima hari kerja sehingga diharapkan partisipasi pemilih meningkat. Sedangkan berkaitan dengan pemilihan pekan terakhir pada 29 September karena Pemkab Sukoharjo menyesuaikan dengan batas akhir pelaksanaan pilkades harus selesai bulan ini.

Aji juga menegaskan, calon kepala desa (kades) yang akan ikut dalam Pilkades tetap lima orang sesuai hasil keputusan panitia Pilkades sebelumnya. Camat Grogol Bagas Windaryatno membenarkan pelaksanaan Pilkades Gedangan, Grogol sudah ditetapkan bersama 29 September. Penetapan jadwal sudah dilakukan secara bersama dengan melibatkan petugas terkait dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Selanjutnya jadwal yang ada akan disosialisasikan pada petugas terkait dan masyarakat.

Pihak Kecamatan Grogol berharap pelaksanaan Pilkades Grogol dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah. Pasalnya, persiapan matang telah dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak. “Kami juga akan berkoordinasi dengan petugas terkait lainnya khususnya berkaitan dengan pengamanan agar saat Pilkades digelar bisa berjalan lancar dan aman,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments