Simak Rutinitas Pagi Hari yang Dapat Menambah Berat Badan Anda

Rutinitas pagi hari yang dapat menambah berat badan. (Foto: Shutterstock)

Sukoharjonews.com – Meningkatnya berat badan nyatanya sangat berhubungan dengan kebiasaan harian seseorang. Termasuk aktivitas di pagi hari yang dilakukan setelah bangun tidur. Selain mengacaukan diet, kebiasaan pagi yang salah malah bisa membuat bobot tubuh semakin naik. Sebab, saat seseorang mengalami kelebihan berat badan alias obesitas, maka penyakit akan semakin mudah untuk menyerang. Maka dari itu, agar tetap sehat penting untuk menjaga berat badan tetap seimbang.


Dilansir dari laman Beautynesia yang mengutip dari beberapa sumber, Kamis (26/1/2023) berikut beberapa kebiasaan pagi hari yang bisa membuat berat badan bertambah:

1. Melewatkan Rutinitas Olahraga
Bangun pagi dan meluangkan waktu untuk berolahraga dengan perut kosong akan memberikan perasaan lebih segar dan berenergi, sekaligus membantu menurunkan berat badan secara efisien.

Bahkan mengutip dari Healthline, beberapa studi mengatakan, olahraga di pagi hari dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengontrol gula darah. Cukup 30 menit, Anda bisa melakukan berbagai jenis latihan, mulai dari jalan cepat, bersepeda, berlari, yoga, atau skipping.


2. Kurang Mendapat Sinar Matahari yang Cukup
Manfaat berjemur sinar matahari pagi terbukti dapat menyehatkan tubuh sekaligus membantu memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Apalagi menurut penelitian, vitamin D, yang salah satunya diperoleh dari paparan sinar matahari pagi, bisa menurunkan berat badan. Sebaliknya, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan obesitas. Jadi, jika Anda tengah mengikuti program diet, jangan lewatkan berjemur selama 10-15 menit setiap pagi.

3. Melewatkan Sarapan
Orang seringkali terburu-buru di pagi hari sehingga meninggalkan sarapan. Padahal, ada alasan mengapa sarapan dianggap sebagai waktu makan terpenting di hari itu. Sarapan adalah makanan pertama di hari itu yang memberikan permulaan energi. Jika Anda melewatkan sarapan, maka Anda akan merasa cepat lelah dan lesu sepanjang hari. Ditambah lagi, metabolisme Anda akan kacau sehingga proses pembakaran lemak tubuh menjadi lebih lambat. Pada akhirnya, itu mengarah pada kemungkinan kenaikan berat badan.


4. Menu Sarapan dengan Makanan Olahan
Jangan salah, menyajikan makanan olahan dan kemasan sebagai menu sarapan ternyata sama buruknya dengan tidak sarapan. Apa yang Anda makan untuk sarapan dapat menentukan dirimu sepanjang hari, apakah kamu akan kenyang dan puas sampai makan siang, atau malah jadi ingin ngemil berlebihan.

Dikutip via TheHealthSite, hindari sarapan dengan makanan yang tinggi kandungan lemak dan garam, seperti fast food dan makanan olahan, mau pun yang tinggi gula tambahan, seperti sereal dan minuman kemasan. Alih-alih lebih cepat dan praktis, makanan tersebut dapat membuat perut Anda kembung dan merasa lesu seharian.

5. Melewatkan Minum Air di Pagi Hari
Memulai hari dengan segelas air putih di pagi hari adalah kebiasaan ideal yang dapat membantumu menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak perut. Pasalnya, asupan air yang cukup akan mendukung tubuh tetap terhidrasi, membuang racun dari tubuh, meningkatkan metabolisme, hingga mencegah makan berlebihan. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *