Simak Ini Ternyata Penyebab Kedutan pada Mata

Penyebab mata kedutan.(Foto: primaya hospital)

Sukoharjonews.com – Kedutan pada mata bisa sangat mengganggu, terutama jika terjadi dalam jangka waktu lama. Kedua mata bisa sama-sama mengalami kedutan baik pada bagian atas maupun bawah. Ihwal kedutan mata kiri atas, ada banyak faktor penyebabnya. Ada yang merupakan fenomena biasa dan bisa diatasi dengan cara sederhana, tapi ada pula kemungkinan kedutan itu adalah tanda adanya masalah saraf yang lebih memerlukan perhatian.


Dilansir dari Primaya Hospital, Jum’at (24/5/2024), kedutan adalah kontraksi otot pada mata, khususnya orbicularis oculi atau otot kelopak mata, secara berulang dan tak disengaja sehingga membuat kelopak mata tampak seperti berkedip atau membuka-tutup secara berulang. Ketika ada kedutan mata kiri atas, berarti otot di bagian mata itu yang mengalami kontraksi. Kedutan biasanya terjadi pada kelopak mata atas, tapi kedua sisi mata baik atas maupun bawah bisa sama-sama mengalaminya.

Gerak kedutan pada mata bervariasi, dari yang amat cepat hingga lambat. Ada kedutan yang berlangsung lama, ada pula yang hanya sebentar. Secara umum, kedutan mata kiri atas ataupun bagian mata lain tidaklah membahayakan. Tapi bila kedutan itu disertai dengan gejala lain, seperti kontraksi yang tak disengaja, bisa jadi itu adalah tanda peringatan akan adanya kondisi tertentu yang membutuhkan bantuan medis.

Demikian pula jika kedutan terjadi di area wajah yang lebih luas dan cenderung membuat kelopak mata menutup dalam waktu relatif lama sehingga membatasi atau menghalangi penglihatan sepenuhnya. Dalam hal ini, ada kemungkinan kedutan mata kiri atas itu adalah tanda adanya blepharospasm atau hemifacial spasm yang tergolong sebagai masalah neurologis.

Adapun seperti dikutip dari artikel di National Library of Medicine, kedutan mata yang paling umum adalah miokimia kelopak mata yang terjadi secara berkala dan bisa hilang sendiri. Namun kondisi ini lebih sering terjadi pada bagian bawah daripada bagian atas kelopak mata.


Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas
Dalam banyak kasus, penyebab kedutan mata kiri atas ataupun bagian mata lain tak bisa dipastikan atau tak diketahui. Namun ada sejumlah hal yang bisa menjadi faktor pemicu, seperti:

Kelelahan ekstrem
Stres
Kecemasan
Terlalu banyak mengonsumsi kafein
Meminum minuman beralkohol berlebih
Berolahraga
Merokok
Iritasi pada permukaan mata atau bagian dalam kelopak mata
Cahaya yang terlalu terang
Polusi udara
Dehidrasi
Kekurangan vitamin
Reaksi alergi
Efek samping obat-obatan tertentu, seperti topiramate dan clozapine

Selain itu, penyakit neurologis seperti multiple sclerosis, neuromyelitis optica, ensefalomielitis diseminata akut, sindrom Guillain-Barré, dan penyakit autoimun dapat menyebabkan kedutan mata kiri atas yang seringkali disertai dengan gejala neurologis lain.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *