Simak ini Obat Batuk Alami yang Bisa Dibuat dirumah

Tips obat batuk alami.(Foto:klikdokter)

Sukoharjonews.com – Muisim yang mudah berubah ubah membuat kita sering mendadak sakit, seperti batuk, demam, dan pilek. Banyak sekali obat yang kita dapat ketika periksa kedokter ataupun ke rumah sakit, namun ada beberapa alternatif bagi kamu yang ingin menggunakan pengobatan secara alami.


Dilansir dari WebMD, Jum’at (19/4/2024), ada beberapa bahan alami yang dapat meredakan batuk secara alami dan meningkatkan kekebalan tubuh disaat perubahan iklim yang tidak menentu ini.

Madu
Satu atau dua sendok teh madu dapat mengurangi produksi lendir. Madu juga membunuh kuman. Namun perlu diingat, hal ini dapat menyebabkan botulisme, suatu bentuk keracunan makanan yang jarang terjadi, pada bayi. Jangan pernah memberikannya kepada anak di bawah 1 tahun.

Minuman panas
Minuman panas tidak akan meredakan kepala tersumbat, tetapi dapat meredakan batuk jauh lebih baik dibandingkan minuman bersuhu ruangan. Minumlah teh atau air panas jika Anda ingin meredakan nyeri.

Jahe
Penelitian menunjukkan senyawa murni tertentu di dalam jahe dapat mengendurkan otot-otot yang mengencangkan saluran udara Anda. Anda bisa mengonsumsi jahe mentah, atau Anda bisa mencampurkan jahe bubuk dengan madu dan mengaduknya ke dalam teh panas.


Air
Minum banyak air tidak hanya meredakan batuk dan membuat Anda tetap terhidrasi, tetapi juga mengencerkan lendir di tenggorokan. Anda cenderung tidak perlu menyelesaikan masalah dengan batuk.

Uap
Menghirup uap dapat membantu mengatasi batuk karena menenangkan dan melembabkan saluran udara Anda. Anda juga bisa menambahkan minyak esensial seperti pepermin ke dalam air untuk kenyamanan ekstra.

Pot Neti
Salah satu penyebab paling umum dari batuk adalah peradangan saluran napas bagian atas. Irigasi garam, atau mencuci saluran hidung dengan air garam, dapat meredakan peradangan dengan menghilangkan iritasi dan membersihkan lendir. Anda bisa menggunakan bohlam khusus atau wadah yang disebut neti pot. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *