Simak Disini, 6 Emosi Dasar yang Pengaruhi Perilaku Manusia

Ilustrasi: (Foto: Psyhologymania)

Sukoharjonews.com – Perubahan adalah yang paling pasti terjadi di dunia ini. Begitu juga perubahan emosi kita sebagai manusia dalam menanggapi setiap kejadian. Emosi ini sedikit banyak mempengaruhi cara hidup dan cara kita berinteraksi dengan orang lain. Para peneliti telah melakukan penelitian berbagai jenis emosi yang dialami setiap orang.


Dilansir dari Very Well Mind, Senin (9/1/2023) , psikolog Paul Eckman pada tahun 1970-an telah mengidentifikasi terdapat enam emosi dasar yang dialami secara universal oleh manusia. Lantas, apa saja enam emosi dasar tersebut? Berikut ulasannya:

1. Kebahagiaan
Salah satu emosi yang paling diperjuangkan oleh setiap manusia adalah kebahagiaan. Emosi kebahagiaan sering didefinisikan sebagai suatu keadaan yang menyenangkan dan ditandai dengan perasaan puas, sukacita, dan kesejahteraan. Jenis emosi kebahagiaan ini ternyata dapat diekspresikan melalui ekspresi wajah, misalnya tersenyum.


2. Kesedihan
Emosi kesedihan sering kali didefinisikan sebagai keadaan emosi sementara yang ditandai dengan perasaan duka, kecewa, putus asa, ataupan suasana hati yang tidak menentu, Beauties. Emosi kesedihan ini dapat kita ketahui dari beberapa ekspresi, misalnya saat seseorang menangis, terlihat lebih lesu dari biasanya, ataupun saat seseorang menarik diri dari orang lain atau lingkungan sekitarnya.

3. Ketakutan
rasa takut ternyata merupakan emosi dasar kuat yang memiliki peranan penting dalam upaya bertahan hidup. Saat seseorang mengalami emosi ketakutan ini, biasanya akan mengalami juga suatu respons ‘melawan atau lari’.


4. Jijik
Perasaan jijik merupakan salah satu emosi dasar yang dijelaskan oleh Eckman. Ekspresi perasaan jijik ini dapat kita perhatikan dari bahasa tubuh seseorang, misalnya berpaling atau meninggalkan objek rasa jijik tersebut. Dari reaksi fisik misalnya seperti muntah. Atau dari ekspresi wajah yang mengerutkan hidup dan bibir atas. Emosi jijik ini dapat berasal dari banyak hal Beauties, termasuk penglihatan, rasa atau mencium bau yang tidak menyenangkan.

5. Kemarahan
Salah satu emosi terkuat adalah kemarahan, Beauties. Emosi kemarahan ini biasanya ditandai dengan perasaan permusuhan, frustasi, dan antagonisme terhadap orang lain. Beauties bisa mengidentifikasi emosi kemarahan seseorang dari ekspresi wajah, misalnya melotot atau mengerutkan kening.


6. Kejutan
Emosi kejutan, merupakan salah satu emosi dasar yang bisa berarti positif, negatif, atau bahkan netral. Emosi kejutan sering ditandai dengan ekspresi wajah yang mengangkat alis, membuka mulut, atau bahkan melebarkan mata. Bisa juga terlihat dari reaksi verbal seperti berteriak atau menjerit. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *