Simak Berikut Makanan Terburuk untuk Otak Anda

Makanan yang tidak baik unyuk otak. (Foto: Pixabay)

Sukoharjonews.com – Anda telah mengonsumsi buah beri berwarna-warni, mengunyah kacang-kacangan, dan makan salmon, semuanya merupakan langkah yang baik jika tujuan Anda adalah kesehatan otak yang lebih baik.


Dilansir dari WebMd,Jum’at (9/2/2024), ada beberapa makanan yang mungkin meningkatkan risiko masalah mood atau ingatan, terutama seiring bertambahnya usia? Cari tahu item mana yang berpotensi bermasalah, simak berikut ini

Margarin dan Frosting
Makanan-makanan ini, bersama dengan banyak makanan ringan kemasan, mengandung lemak trans yang tinggi. Anda mungkin tahu bahwa lemak trans tidak baik untuk jantung dan pembuluh darah Anda. Penelitian telah menemukan bahwa hal tersebut juga dapat merusak fungsi otak. Sebuah studi dari jurnal Neurology menemukan bahwa orang dewasa lanjut usia yang memiliki kadar asam elaidic (sejenis lemak trans yang umum) tertinggi dalam darahnya memiliki kemungkinan paling besar terkena demensia.

Alkohol
Meskipun segelas anggur atau bir tidak akan mengganggu pikiran Anda, alkohol secara langsung memengaruhi jalur komunikasi otak. Semakin banyak Anda minum, semakin sulit memproses informasi baru atau mengingat sesuatu. Alkohol juga dapat membuat Anda merasa bingung atau depresi.

Soda dan Minuman Manis Lainnya
Jika Anda ingin otak tetap tajam seiring bertambahnya usia, hindari minuman super manis. Penelitian menemukan bahwa orang yang banyak minum soda, teh manis, dan minuman manis lainnya lebih mungkin mengalami masalah ingatan. Minuman ini, yang sering kali mengandung sejenis gula yang disebut fruktosa, bahkan dapat menyebabkan bagian tertentu otak Anda menjadi lebih kecil.


Soda Diet dan Minuman Dengan Pemanis Buatan
Jika minuman ringan biasa berdampak buruk bagi Anda, maka minuman bebas gula juga baik, bukan? Tidak secepat itu: Penelitian menemukan bahwa orang yang meminum setidaknya satu diet soda sehari hampir tiga kali lebih mungkin terkena stroke atau demensia. Para ilmuwan berpendapat bahwa pemanis buatan mungkin merupakan bahan penyebab.

Kentang Goreng dan Makanan Gorengan Lainnya
Orang yang banyak makan gorengan, makanan olahan cenderung mendapat hasil lebih buruk pada tes yang mengukur kemampuan berpikir mereka. Kemungkinan alasannya: makanan yang digoreng dan berlemak. Kenikmatan yang bersalah ini menyebabkan peradangan, yang dapat merusak pembuluh darah yang memasok darah ke otak dan melukai otak itu sendiri.

Donat
Camilan lezat ini digoreng dan diisi dengan gula, kombinasi yang buruk jika menyangkut kesehatan otak. Anda mengalami peradangan ganda akibat proses penggorengan dan kelebihan gula. Penelitian telah mengaitkan tingginya kadar gula dalam darah dengan demensia. Lebih buruk lagi: Kebanyakan donat mengandung lemak trans, bahan lain yang tidak dibutuhkan otak Anda.

Roti Putih dan Nasi Putih
Karbohidrat olahan, bahkan yang rasanya tidak terlalu manis, dapat meningkatkan gula darah Anda. Hal ini sering kali diikuti dengan tabrakan, yang dapat membuat mental Anda berkabut. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak karbohidrat olahan dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer, terutama pada orang-orang tertentu yang memiliki kecenderungan genetik terhadap penyakit tersebut. Pilihlah roti gandum utuh, nasi merah, dan pasta gandum utuh saat Anda mengonsumsi karbohidrat.

Daging merah
Ini tinggi lemak jenuhnya, yang buruk bagi jantung dan otak Anda. Faktanya, membatasi daging merah adalah prinsip utama dari MIND Diet, sebuah program makan berbasis penelitian yang bertujuan untuk menjaga ingatan dan pemikiran Anda tetap tajam. Ingin sumber protein yang lebih baik untuk otak Anda? Ikan, unggas tanpa lemak, dan kacang-kacangan adalah pilihan yang lebih sehat.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *