Simak Baik-Baik Inilah Cara Mudah Mengurangi Kecemasan pada Masa Depan

Cara mudah mengurangi kecemasan pada masa depan. (Foto : Unplash)

Sukoharjonews.com – Jika kamu pernah menghabiskan waktu luangmu atau waktu tidur di malam hari untuk mengkhawatirkan masa depan, kamu tidak sendirian, mengkhawatirkan masa depan adalah hal yang normal, sehat, dan membantu sampai taraf tertentu karena dapat membuatmu berencana dan bersiap.


Dilansir dari The Check Up, Minggu (19/3/2023), ketika kekhawatiran yang positif itu mulai berubah menjadi tidak normal dan tidak sehat, kamu mungkin perlu menemukan cara untuk mengatasinya, kamu bisa mulai menerapkan cara ini ketika kecemasan tentang masa depan mulai mengacaukan fungsi berpikirmu.


Berdamai dengan Kekhawatiranmu
Kamu mungkin sudah sadar bahwa apa pun usaha yang kamu lakukan untuk mengusir kecemasan, hal itu tidak akan banyak berpengaruh pada kondisi mentalmu tersebut. Faktanya, peneliti malah menyatakan kemungkinan adanya efek rebound dari tindakan represif tersebut.

Makin kamu mencoba menghindari pikiran yang membuatmu cemas itu, maka pikiran itu akan makin menghantuimu. Lebih efektif untuk berdamai dengan kecemasanmu itu dan membiarkannya terjadi sementara kamu memikirkan cara untuk meminimalisir efek negatif pada hidupmu.


Melatih Teknik Relaksasi
Jika kamu sering merasa cemas hingga stres, cobalah melakukan teknik relaksasi yang dapat membantu menenangkan kondisi mental dan tubuh. Beberapa teknik relaksasi bisa kamu lakukan adalah meditasi, yoga, latihan pernapasan, atau teknik lain yang menurutmu paling efektif.

Kamu juga bisa mencoba untuk berolahraga demi mengurangi kecemasanmu itu. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat karena olahraga sederhana seperti jalan kaki saja cukup untuk meredakan hormon stres, meningkatkan kualitas tidur, dan memperbaiki suasana hati.


Fokus pada Masa Kini
Kesadaran penuh bahwa kamu hidup di masa kini dapat membantu dirimu untuk berhenti terlalu memikirkan atau mencemaskan masa depan. Melatih kesadaran seperti ini dapat memberikan jarak antara pikiran serta perasaanmu dan reaksimu terhadap kedua hal tersebut.

Meluangkan Waktu untuk Merenungkan Kekhawatiranmu
Meskipun kedengarannya cukup kontradiktif dengan tujuan untuk menghentikan kecemasan, cara ini bisa memberikan banyak pengaruh pada kondisi mentalmu. Alih-alih menghabiskan waktu seharian untuk khawatir, kamu bisa menunda kekhawatiranmu hingga waktu tertentu dalam setiap harinya.



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *