Simak 3 Tips Mencari Kerja untuk Ibu Hamil yang Aman Tak Beresiko

Tips mencari kerja untuk ibu hamil. (Foto: Halodoc)

Sukoharjonews.com – Mencari kerja dalam kondisi hamil mungkin dianggap hal yang sulit, mengingat dokter akan menyarankan lebih banyak istirahat. Namun karena berbagai alasan, banyak perempuan justru memilih mencari lowongan pekerjaan sembari menanti persalinan.


Dilansir dari Work It Daily, Kamis (9/02/2023), jika kamu salah satunya, coba simak trik mencari kerja saat hamil berikut ini:

1. Pahami Dulu Tanggung Jawabmu
Meski mencari penghasilan penting untukmu, namun perlu diingat bahwa ada tanggung jawab tak kalah besar menantimu saat bayi telah lahir. Karenanya, pastikan kamu bisa menanganinya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu kamu pertimbangkan sebelum melamar pekerjaan:

Jadwal kerja seperti apa yang saya butuhkan, fleksibel atau terstruktur?Seberapa dekat lokasinya dengan tempat saya menitipkan anak nantinya (daycare, pengasuh, atau keluarga)?Apakah saya perlu kelonggaran untuk bisa bekerja dari rumah?Seberapa jauh jaraknya dari rumah?


Kamu harus bisa menganalisa apa yang kamu butuhkan dan bersikap selektif saat memilih pekerjaan sejak awal. Jangan sampai keputusanmu untuk bekerja justru menjadi masalah di kemudian hari.

2. Bersikap Jujur
CEO sekaligus Founder website Work It Daily, J.T. O’Donnell, mengungkapkan bahwa bersikap jujur adalah pilihan yang bijak. Sampaikan sejak awal terkait kondisimu, jangan sampai perusahaan mengetahuinya belakangan setelah kamu diterima bekerja. Hal ini akan membuat pihak perekrut merasa dimanfaatkan, sehingga bisa saja langsung melakukan pemutusan hubungan kerja setelah masa probasi selesai.

Lagipula, dengan berterus terang, perusahaan mungkin akan lebih menghargai kejujuranmu. Mereka bisa saja mempertimbangkan untuk tetap merekrut jika memang kemampuanmu sesuai kriteria mereka, terlepas dari risiko yang mungkin muncul.


3. Promosikan Diri
Jika kamu merasa menemukan iklim yang mendukung di tempat kerja incaranmu, jangan ragu untuk mempromosikan dirimu habis-habisan. Yakinkan pihak perekrut bahwa dirimu memiliki kualifikasi yang benar-benar mereka butuhkan.

Akan lebih baik jika kamu melamar ke tempat yang sedang membutuhkan tenaga mendesak. Dengan demikian, perekrut akan terdorong untuk segera merekrutmu.(Patrisia Argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *