Siber Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Waspada Aplikasi Azan-Salat Pencuri Data

Ilustrasi. (Foto: Humas POlri)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Akun Instagram resmi Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya @siberpoldametrojaya mengunggah informasi yang memuat peringatan pencurian data via aplikasi azan dan salat. Ada 11 aplikasi, termasuk aplikasi azan dan Al-Quran yang ditengarai melakukan pencurian data.


“Waspada Aplikasi Shalat dan Azan Pencuri Data Pribadi Beredar di Play Store, Sudah Diunduh 10 Juta Pengguna!,” tulis akun @siberpoldametrojaya, dikutip dari laman Humas Polri, Rabu (20/4/2022).

“Sobat Siber, waspada akan modus pencurian data pribadi berkedok aplikasi salat dan azan. Aplikasi tersebut telah banyak diunduh di Play Store,” lanjut unggahan akun @siberpoldametrojaya.

Dalam unggahan tersebut, akun @siberpoldametrojaya menyebutkan sebuah analisis yang melaporkan tentang serangkaian aplikasi di Google Play Store yang mengumpulkan data sensitif pengguna dan telah diunduh oleh lebih dari 45 juta pengguna.

“Data para pengguna tersebut berpotensi disalahgunakan yang signifikan akibat dari keamanan server atau database yang buruk,” lanjut unggahan @siberpoldametrojaya.

Masih berdasarkan akun @siberpoldametrojaya, aplikasi tersebut mencuri data melalui pengembangan perangkat lunak (SDK) pihak ketiga yang mencakup kemampuan untuk menangkap konten clipboard, data GPS, alamat e-mail, nomor telepon, dan bahkan alamat MAC router modern pengguna dan SSID jaringan.

Lalu apa saja aplikasi tersebut? Berikut ini 11 aplikasi yang dirilis akun @siberpoldametrojaya:
– Speed Camera Radar
– Al-Moazin Lite (Prayer Times)
– WiFi Mouse (remote control PC)
– QR & Barcode Scanner
– Qibla Compass – Ramadan 2022
– Simple Weather & Clock Widget
– Handcent Nex SMS-Text w/MMS
– Smart Kit 360
– Al Quran MP3 – 50 Reciters & Translation Audio
– Full Quran MP3 – 50+ Language & Translation Audio
– Audiosdroid Audio Studio DAW. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *