Ragam  

Setelah Didemo Warga, Begini Pernyataan Kades Wironanggan

Warga saat menggeruduk Balai Desa Wironanggan protes data penerima bansos corona.

Sukoharjonews.com (Gatak) – Puluhan warga Desa Wironanggan Kecamatan Gatak menggeruduk Balai Desa Wironanggan, Gatak karena protes penyaluran bantuan sosial corona. Awalnya warga hendak menggelar demo, namun akhirnya hanya perwakilan saja yang kemudian melakukan audiensi. Setelah digeruduk warganya, Kades Wironangan, Dwi Suratmanto pun kemudian memberikan pernyataan.



Sang kades secara terbuka minta maaf pada warga atas sikapnya yang belum baik. Kades berjanji akan memperbaiki sikapnya. Lantas, bagaimana dengan data penerima bansos yang diprotes warga, Kades pun mengaku siap melakukan verifikasi data yang disodorkan warga padanya dan siap melakukan kroscek.

“Terkait data penerima bansos yang salah sasaran, saya siap kroscek ke lapangan dan memperbaikinya,” tegasnya, Sabtu (11/7/2020).

Dia pun lantas menyebutkan sejumlah aturan rujukan terkait petunjuk teknis pendataan keluarga calon penerina BLT bersumber dana desa. Menurutnya, penerima BLT dana desa merupakan keluarga yang miskin yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Selain itu, warga yang kehilangan pekerjaan atau korban PHK, terdapat anggota keluarga berpenyakit kronis atau menahun, serta non penerima Program Keluarga Harapan (PKH), non Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan non Kartu Prakerja.

Menurutnya, keluarga miskin di luar ketentuan tersebut dan belum masuk DTKS akan mendapat BLT Dana Desa. Kemudian, penerima BLT dana desa diusulkan masuk dalam DTKS. Kades juga berdalih jika data penerima sudah dibahas dan ditandatangani bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sedangkan Camat Gatak, Sumi Rahayu mengatakan, jika ada temuan warga menerima bantuan dobel agar dievaluasi agar bantuan bisa merata. Menurutnya, sesuai aturan, calon penerima bantuan sosial dalam satu keluarga hanya menerima satu bantuan dan tidak boleh menerima bantuan dobel, baik bantuan dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *