Semua Puskesmas Sudah BLUD, Pelayanan Diminta Untuk Ditingkatkan

Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo meminta semua Puskesmas bisa memberikan pelayanan terbaik agar tidak ditinggalkan masyarakat. Terlebih lagi, sejak Desember 2018 lalu semua Puskesmas Sukoharjo sudah menyandang sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sehingga mengelola keuangan secara mandiri. Selain sudah BLUD, 12 Puskesmas yang ada sudah sudah terakreditasi.



“Karena sudah BLUD, Puskesmas mengelola sendiri keuangannya dan tidak menginduk ke dinas. Untuk itu, Puskesmas dituntut memberi pelayanan yang baik agar Pendapatan Puskesmas juga bagus,” jelas Kepala DKK Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Kamis (10/10).

Dikatakan Yunia, dari 12 Puskesmas yang ada, 10 diantaranya sudah memiliki fasilitas rawat inap. Dua Puskesmas yang tidak memiliki rawat inap hanya Puskesmas Sukoharjo dan Puskesmas Bendosari. Dua Puskesmas tersebut tidak membuat rawat inap karena lokasinya dekat dengan RSUD Ir Soekarno dan rumah sakit lainnya. Selain sudah BLUD, ujar Yunia, semua Puskesmas di Sukoharjo sudah mendapatkan akreditasi, bahkan untuk Puskesmas Kartasura mendapatkan akreditasi paripurna.

Menurutnya, akreditasi Puskesmas sendiri tidak hanya sekali karena harus diulang penilaiannya. Untuk tahun ini, ada enam Puskesmas yang melakukan akreditasi ulang, yakni Puskesmas Bendosari, Sukoharjo, Grogol, Kartasura, Baki dan Weru. Dari enam tersebut, pengumuman akreditasi sudah keluar dimana untuk Bendosari, Sukoharjo, dan Grogol mendapat akreditasi utama dan Kartasura akreditasi paripurna.

“Untuk Puskesmas Baki dan Weru akreditasinya belum turun. Sedangkan enam Puskesmas yang lain akan melakukan akreditasi ulang tahun depan,” kata Yunia.

Yunia menambahkan, untuk bisa mendapatkan akreditasi paripurna, nilai untuk administrasi, layanan klinis, dan layanan masyarakat harus diatas 80. Untuk itu, Yunia berharap jumlah Puskesmas Sukoharjo yang meraih akreditasi paripurna bisa bertambah tahun depan. Akresitasi paripurna menunjukkan semua layanan di Puskesmas tersebut sudah memenuhi standar dan mendapat nilai tinggi. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed