Ragam  

Sempat Vakum 2 Tahun Karena Pandemi, Grebeg Pakujoyo Kembali Digelar

Pemerintah Kecamatan Sukoharjo menggelar Grebek Pakujoyo menyambut Tahun Baru Islam 1444 H, Sabtu (30/7/2022).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Grebeg Pakujoyo Kelurahan Bayam, Kecamatan Sukoharjo kembali digelar tahun ini. Kegiatan tersebut sempat terhenti selama dua tahun karena adanya pandemi corona. Grebeg sekaligus Expo Pakujoyo digelar pada Sabtu (30/7/2022). Grebeg tersebut digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H. Hadir dalam acara tersebut Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.


“Kegiatan ini merupakan perwujudan rasa persatuan dan kesatuan yang kuat di antara pedagang dan pengurus Paguyuban Taman Pakujoyo. Dengan modal persatuan inilah bersama-sama menjaga dan membesarkan Taman Pakujoyo dengan spirit “memayu hayuning bawana”,” ujar Camat Sukoharjo, Havid Danang PW.

Grebeg Pakujoyo sendiri berupa kirab yang diikuti oleh 55 peserta dari perwakilan kelurahan, kantor dinas, sekolah, dan organisasi yang ada di Kecamatan Sukoharjo. Setiap perwakilan menampilkan beraneka macam potensi masing-masing. Karya dan potensi yang ditampilkan dilombakan dalam event tersebut.

Kirab Grebeg Pakujoyo dimulai pukul 07.00 WIB dan dibuka oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. “Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan Grebeg Pakujoyo yang memiliki arti selain melestarikan kebudayaan lokal Sukoharjo agar lebih bermartabat juga sebagai sarana memupuk rasa kebersamaan di antara elemen masyarakat serta hiburan bagi masyarakat,” ujarnya.

Etik berharap kegiatan tersebut dapat menjadi agenda rutin tahunan dan mampu dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai sebuah potensi wisata daerah yang mampu mendorong pertumbuhan kemajuan serta nama baik Kelurahan Gayam.


Pelaksanaan kirab Grebek Pakujoyo sendiri mendapat animo besar masyarakat yang memadati jalan yang jadi rute kirab. Kirab sendiri diawali oleh pasukan pembawa bendera, gunungan palawija, disusul kereta kencana yang dinaiki Camat Sukoharjo dan istri dengan mengenakan pakaian lurik Jawa beserta jajaran pemerintah Kecamatan Sukoharjo. Belakangnya, kereta kencana yang dinaiki Kepala Puskesmas Sukoharjo, Kapolsek, dan Danramil.

Terlihat juga pasukan Bregada Srikandi Kelurahan Gayam, kesenian reog, kuda lumping dan marching band, dan karya pawai komunitas dan perwakilan sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Sukoharjo.

Rute pawai mengambil start dimulai dari perempatan Taman Pakujoyo ke utara, perempatan RSUD Sukoharjo ke barat, Proliman Sukoharjo ke selatan sampai Toko Emas Ismoyo ke timur, dan finish lagi di perempatan Pakujoyo.

Panitia juga menyiapkan panggung hiburan di depan Taman Pakujoyo dengan dimeriahkan orkes dangdut. Pengunjung yang berbelanja di arena expo mendapat kupon dan bagi yang beruntung akan mendapat doorprize yang akan diundi di akhir expo. Acara expo Pakujoyo digelar sampai besok, Minggu, 31 Juli 2022. (sapta)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.