Semarak Ramadan, SMP Muhammadiyah PK Solo Ajak Siswa Berbagi

Siswa SMP Muhammadiyah PK membagikan paket sembako untuk masyarakat kurang mampu.

Sukoharjonews.com (Solo) – SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo menggelar sejumlah kegiatan selama Ramadan 1443 H. Kegiatan penguatan karakter religius tersebut melibatkan seluruh siswa, guru, dan karyawan.



Humas SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Aryanto, mengatakan bahwa kegiatan-kegiatan digelar baik secara daring maupun luring. Tujuan semarak Ramadan kali ini adalah memperkuat akhlakul karimah para siswa sehingga tercipta generasi ulul albab.

“Jenis kegiatan beragam dan dilaksanakan selama satu bulan penuh dari sebelum Ramadan hingga akhir Ramadan baik secara daring maupun luring,” jelasnya dalam rilis yang diterima Sukoharjonews.com, Kamis (21/4/2022).

Dalam program berbagi, lanjut Aryanto, sekolah mengajak siswa untuk berinfak secara suka rela dalam program PK Berbagi selama bulan Ramadan. Terdapat 100 paket sembako yang dibagikan. Paket sembako tersebut berisi minyak goreng, gula, teh, susu, saos, kecap, mi telur, dan tepung terigu.

“PK Berbagi merupakan kegiatan yang mengajak para siswa untuk membagikan paket sembako kepada warga masyarakat sekitar yang membutuhkan. Kegiatan tersebut sebagai edukasi siswa agar memiliki karakter peduli terhadap sesama,” terang Aryanto.

Kegiatan PK Berbagi dilaksanakan pada Rabu (20/4/2022). Siswa membagikan paket sembako kepada warga masyarakat secara langsung.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Muhammad Arif Wicagsono, berharap kegiatan solidaritas sosial yang sudah menjadi tradisi di sekolah mampu menggugah rasa empati para siswa sehingga mau berbagi terhadap sesama apalagi warga yang membutuhkan.

“Melalui kegiatan ini kami harapkan hubungan kekerabatan di antara warga dengan sekolah menjadi lebih terjalin dengan baik. Anak-anak mempunyai rasa saling berbagi terhadap sesama,” tandasnya.

Untuk kegiatan Pesantren Ramadan, Aryanto mengaku digelar di berbagai jenjang kelas secara luring di sekolah dengan durasi waktu terbatas dan memenuhi protokol kesehatan. Siswa kelas 8 SMP Muhammadiyah PK mengikuti kegiatan pada Selasa (19/4) sedangkan kelas 7 dan 9 pada hari lain. Kegiatan ini merupakan salah satu ajang untuk menguatkan jiwa religius, kreativitas serta kerja sama para siswa. (nano)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.