Selain Kesehatan, Ternyata Ini Manfaat Bunga Telang yang Lain

Manfaat Bunga Telang. (Foto: Freepik/jcomp)

Sukoharjonews.com – Bunga telang sering kita jumpai tumbuh liar di pekarangan. Bunga berwarna biru tua tersebut dikenal memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan, bunga telang juga memiliki manfaat selain kesehatan. Selama ini, bunga telang sudah banyak digunakan sebagai bahan minuman dan lainnya.


Bunga telang memiliki nama latin Clitoria Ternatea L dan dalam banyak literatur sudah terbukti khasiatnya bagi kesehatan. Tanaman merambat ini dapat berbunga sepanjang tahun. Artinya penggunaannya sebagai teh tidak akan pernah kehabisan bahan. Sekarang bunga telang sangat banyak digunakan.

Dikutip dari voi.id, Minggu (13/11/2022), tak hanya sebagai garnish pemanis hidangan di restoran mewah, kedai teh tradisional juga menjual seduhan bunga telang kering. Melansir sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Functional Food and Nutraceutical berbagai manfaat bunga biru ini sangat beragam. Semua kelopak bunga bermanfaat sebagai antioksidan, antidiabetes, antiobesitas, antiinflamasi, antibiotik, dan melindungi jaringan hati.

Dalam sistem pengobatan kuno, bunga telang digunakan dalam ramuan Medhaya Rasayana. Bahan ini merupakan campuran herbal, termasuk bunga telang, yang dipercaya ampuh untuk meremajakan otak dan menyembuhkan gangguan syaraf. Di Arab Saudi, daun, biji, dan bunga telang digunakan untuk mengobati penyakit liver.


Khusus daunnya, bagi masyarakat Madagaskar digunakan untuk meredakan nyeri sendi. Tak hanya itu, di Myanmar bunga telang diramu dalam jus untuk menyembuhkan sakit mata. Di Indonesia, berbagai manfaat bisa diambil dari bunga telang.

Pertama, berkaitan dengan kesehatan yang disajikan seduh. Baik dalam kondisi kering maupun basah, manfaatnya tidak akan berkurang.

Kedua, sebagai pewarna alami produk makanan dan tekstil. Ekstrak bunga telang telah terbukti dalam uji ilmiah dapat menurunkan kadar gula darah. Pada ekstrak bunga telang dapat meningkatkan aktivitas enzim glukokunasi yang bertanggung jawab untuk mengubah glukosa menjadi glukosa 6-fosfat. Ini adalah langkah dalam membatasi metabolisme glukosa. Indeks glikemik berbagai jenis tepung juga dapat diturunkan dengan ekstrak bunga telang.

Jika dikombinasikan dengan bunga delima, maka akan menghasilkan aktivitas hipoglikemik yang setara dengan obat penurun gula darah metformin. Bunga telang atau dikenal juga dengan butterfly pea juga dapat bermanfaat dalam menjaga kulit wajah. Agar tidak mudah berjerawat dan menunjukkan tanda-tanda penuaan, cobalah menyeduh segelas teh bunga telang. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *