Ragam  

Selain Banjir, Longsor Juga Terjadi di Bulu, Ada Tiga Titik Longsor

Banjir membuat banyak sampah masuk ke sungai sehingga tersumbat dan air meluap. Seperti yang terlihat di bawah jembatan Dukuh Bangen, Desa Kedungwinong, Nguter,, Senn (17/2/2020),

Sukoharjonews.com (Bulu) – Hujan deras yang turun pada Minggu (16/2/2020) malam membuat sejumlah lokasi di Sukoharjo banjir. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), banjir terjadi di Kecamatan Bulu dan Nguter. Banjir tersebut melanda pemukiman warga dan juga lahan pertanian. Selain banjir, bencana tanah longsor juga terjadi di tiga titik di Desa Kamal, Kecamatan Bulu.



“Untuk Kecamatan Bulu, banjir terjadi di Desa Gentan dan Ngasinan, sedangkan longsor terjadi di Desa Kamal. Sedangkan di Kecamatan Nguter, banjir terjadi di Desa Pengkol,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Marwanto, Senin (17/2/2020).

Dikatakan Sri Maryanto, banjir yang terjadi sudah surut pada Senin pagi tadi. Meski begitu, untuk lahan pertanian masih banyak yang tergenang. Menurutnya, curah hujan tinggi diperkirakan masih akan terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Untuk itu, warga yang tinggal di bantaran sungai diimbau untuk waspada akan kemungkinan terjadinya banjir. Terlebih lagi, elevasi air Sungai Bengawan Solo juga naik tajam.

Disinggung soal longsor di Bulu, Sri Maryanto mengaku terjadi di Dukuh Tritis, Desa Kamal dimana tebing di dekat rumah warga tiba-tiba longsor. Material longsoran tersebut menimpa dan merusak rumah warga yang ada di dekatnya. Dalam peristiwa tanah longsor tersebut, Sri Maryanto mengaku tidak ada korban jiwa. Tim BPBD sendiri bersama warga dan instansi lainnya sudah melakukan evakuasi dan membersihkan material longsoran.

“Prinsipnya warga harus selalu waspada saat turun hujan deras karena berpotensi menimbulkan bencana banjir dan juga tanah longsor,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *