Sejumlah Manfaat dari Kopi yang Harus Anda Ketahui

Sejumlah manfaat kopi. (Foto: Alodokter)

Sukoharjonews.com – Kopi merupakan minuman yang dapat diolah menjadi berbagai macam varian. Ada kopi gula aren, kopi susu, dan kopi dengan campuran krimer. Kopi sendiri merupakan minuman yang digemari dari anak muda, dewasa, hingga orang tua.


Bagi sebagian anak muda dan dewasa, mengonsumsi kopi mungkin menjadi kebutuhannya sehari-hari. Apalagi untuk para pekerja kantoran. Kopi hitam dipercaya dapat membantu mengurangi resiko kantuk di tengah padatnya aktivitas. Selain itu, kopi juga dipercaya dapat membuat semangat dalam berkatifitas.

Namun, tahukan Anda, ada manfaat lainnya yang juga perlu diketahui. Dikutip dari Alodokter, Minggu (13/11/2022), berikut ini manfaat lain dari kopi:

1. Membantu mencegah depresi
Dalam kopi hitam terdapat kandungan antidepresan yang mampu mencegah depresi. Orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam lebih mungkin terhindar dari resiko bunuh diri.

2. Meningkatkan daya ingat
Kafein dalam kopi hitam bisa meningkatkan daya ingat. Ada penelitian yanv menyebutkan bahwa Kafein dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori Anda.


3. Menurunkan berat badan
Menurut penelitian, kopi dapat membantu untuk membakar lemak, sehingga bisa menurunkan berat badan. Selain itu kopi dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.

4. Mencegah penyakit diabetes
Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan sensitifitas hormon insulin. Hormon ini adalah hormon yang mengatur kadar gula dalam darah. Tapi yang perlu diingat. Anda harus mengonsumsi kopi hitam secara murni, tanpa tambahan susu ataupun gula.

Namun, hal yang perlu Anda ingat, bukan berarti kopi hitam dapat dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, ada efek samping yang bisa muncul akibat terlalu sering mengonsumsi kopi secara berlebih. Yaitu, susah tidur pada malam hari dan dada berdebar. Ada baiknya Anda mengonsumsi kopi secukupnya agar mendapat manfaat yang maksimal. (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *