Sejumlah Makanan Ini Ternyata Bisa Mencegah Rambut Beruban

Makanan pencegah rambut beruban. (Foto: Hellosehat)

Sukoharjonews.com – Tren tentang pencegahan penuaan dini memang bukan hal baru. Banyak orang berinvestasi jutaan rupiah demi memperhatikan kesehatan kulit mereka agar tetap kencang dan mencegah penuaan dini. Namun, penuaan itu sesungguhnya tidak hanya tampak di kulit. Rambut putih atau uban adalah salah satu faktor yang bisa membuatmu tampak jauh lebih tua dari usia aslimu.


Namun, tidak perlu khawatir, dilansir dari Beautynesia, Selasa (10/1/2023) ternyata, pencegahan rambut uban bisa dimulai dari memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Mau tahu apa saja makanan tersebut? Simak daftarnya berikut ini:

1. Makanan Fermentasi
Bakteri usus memproduksi vitamin B dan biotin yang berguna bagi kesehatan rambut. Kekurangan biotin justru akan mengakibatkan perubahan warna yang dilihat sebagai uban.Selain mengandalkan probiotik alami dari proses pencernaan, kamu bisa mencukupi kebutuhan probiotik dari beberapa makanan fermentasi, Beauties. Beberapa di antaranya sangat mudah ditemukan di mana saja seperti yoghurt, kimchi, acar, dan miso.


2. Salmon
Meski mustahil untuk mengawasi apalagi mengontrol kadar hormon dalam tubuh, setidaknya kamu bisa membantu stabilitasnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung selenium maupun vitamin D. Kedua kandungan ini ternyata dimiliki sekaligus oleh ikan salmon. Alih-alih meminum suplemen seperti D-3, ikan salmon juga dilengkapi nutrisi omega 3 dan protein yang bagus bagi kesehatan rambut.

3. Hati Sapi
Hati sapi dipercaya dapat mengurangi tumbuhnya uban hati sapi akan memberikan asupan vitamin B-12 berlimpah. Kandungan B-12 ini diperlukan untuk mencegah anemia yang berhubungan erat dengan kemunculan rambut uban prematur. Selain B-12, kandungan tembaga dalam hati sapi juga berguna untuk menjaga pigmentasi rambut agar tetap hitam berkilau.


4. Telur
Kebanyakan orang pasti menyimpan telur sebagai stok makanan harian mereka. Namun, tidak banyak yang menyadari jika telur ternyata bisa membantu mencegah tumbuhnya uban.Meski banyak yang menghindari kuning telur karena bisa memicu kolesterol, telur secara keseluruhan mengandung vitamin B-12 yang mana tidak bisa didapat dari mengonsumsi sayur-sayuran. Kalau kamu tidak suka hati sapi, telur bisa jadi alternatif yang lebih terjangkau untuk mendapat asupan B-12. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *