Sejarah Tentang Bulu Mata Palsu

Sejarah tentang bulu mata.(Foto: shutterstock)

Sukoharjonews.com – Bulu mata palsu dirancang dengan serat halus seperti sutra, bulu cerpelai, atau serat sintetis. Serat-serat ini dijahit pada pita bulu mata untuk membuat bulu mata palsu. Lem atau pelapis magnet (hanya untuk bulu mata magnetis) merekatkan bulu mata ke garis bulu mata bagian atas untuk memberikan tampilan bulu mata yang panjang dan bervolume. Bulu mata palsu dapat dipakai dengan baik sepanjang hari dan perlu dibersihkan setelah digunakan. Kebanyakan bulu mata palsu berkualitas tinggi dapat digunakan kembali asalkan tetap bersih dan disimpan dengan benar.


Dilansir dari Doebeauty, pada Sabtu (11/5/2024), simak sejarah tentang bulu mata palsu berikut:

Bulu Mata Palsu Selama Bertahun-Tahun
Bulu mata palsu berasal dari tahun 3500 SM ketika orang Mesir Kuno menggunakan salep dan kuas untuk menciptakan gaya bulu mata yang gelap dan tebal. Baik pria maupun wanita menonjolkan bulu mata mereka dengan menggelapkannya menggunakan perunggu selama ini.

Kemudian, sekitar tahun 753 SM, orang-orang Romawi mendambakan bulu mata yang panjang, sehingga pembenahan bulu mata menggunakan gabus yang dibakar dan batu bara menjadi terkenal untuk mendapatkan tampilan yang glamor. Bulu mata yang rumit mulai populer seiring berjalannya waktu, dan kembali populer pada abad ke-19.


Abad ke-19
Pada pertengahan tahun 1800-an, Eugene Rimmel , pembuat parfum Ratu Victoria, menemukan maskara pertama yang terbuat dari petroleum jelly dan debu batu bara. Penemuan ini membuka jalan bagi terciptanya bulu mata palsu. Wanita Paris segera mulai menjahit rambut ke kelopak mata mereka (aduh!) pada tahun 1882, diikuti pada tahun 1889 dengan mencangkokkan rambut ke kelopak mata mereka.

Paten Bulu Mata Palsu pada tahun 1911
Bulu mata strip pertama dipatenkan pada tahun 1911 oleh wanita Kanada Anna Taylor. Bulu mata ini adalah versi lem yang dibuat dari rambut manusia. Bulu mata palsu ini menjadi semakin populer, sehingga penata rambut Jerman Karl Nessler (yang terkenal dengan gelombang permanennya) mulai menyediakan layanan bulu mata di salonnya di Kota New York.

Kemudian, pada tahun 1916, seorang pembuat wig dipekerjakan untuk membuat bulu mata palsu untuk aktris Seena Owens selama pembuatan film Intoleransi. Pembuat wig menganyam rambut manusia menjadi kain kasa dan menempelkannya ke garis bulu mata aktris tersebut. Penampilan Seena Owens di layar membuat bulu mata palsu begitu terkenal sehingga iklan majalah pada tahun 1920an dan 1930an menampilkan wanita dengan bulu mata palsu yang mencolok dan berkibar. Semakin besar bulu matanya, semakin baik!

Pada tahun 1950an dan 1960an, plastik digunakan untuk membuat bulu mata sintetis. Bulu mata yang tajam dan dramatis terlihat di mata wanita di mana pun, termasuk bintang muda. Pada tahun 1960-an, model Twiggy yang bermata boneka menjadi ikon bulu mata palsu, menginspirasi wanita di mana pun untuk memamerkan bulu mata palsu.

Bulu mata palsu kembali menjadi tren setelah tahun 1960-an, dan selebriti seperti Cher dan Madonna menjadikannya populer kembali pada tahun 1980-an. Ekstensi bulu mata menjadi populer pada tahun 1990an, dengan selebriti seperti Kim Kardashian dan Jennifer Lopez yang memamerkan tren bulu mata hingga saat ini. Ekstensi bulu mata dan bulu mata strip menghiasi mata selebriti di mana pun saat ini.


Bulu Mata Palsu Hari Ini
Saat ini, banyak jenis serat kecil yang membentuk bulu mata palsu. Bulu hewan seperti serat cerpelai, sintetis, dan sutra menghasilkan banyak rangkaian bulu mata palsu yang Anda lihat saat ini. Bulu mata ini biasanya ringan dan lebih mudah diaplikasikan dibandingkan bulu mata sebelumnya. Pada tahun 2014, bulu mata magnet memulai debutnya. Bulu mata magnet menempel pada garis bulu mata dengan magnet kecil dan lapisan magnet.

Metode bulu mata ini adalah salah satu metode yang menurut banyak orang lebih mudah diatur dibandingkan dengan jenis bulu mata lem. Bulu mata palsu terus menjadi salah satu kosmetik terpopuler di industri kecantikan saat ini.

Singkatnya
Bulu mata palsu sudah ada sejak zaman Mesir Kuno. Sejarah memberi tahu kita bahwa beberapa orang ingin bulu mata mereka terlihat lebih panjang, lebih gelap, dan lebih bervolume, apa pun periodenya. Baik Anda ingin mencoba bulu mata lem atau bulu mata magnetis.

Mereka ringan dan terasa sangat alami saat Anda memamerkannya. Memakai bulu mata palsu saat ini lebih mudah dari sebelumnya, dengan berbagai pilihan gaya dan bahan bulu mata. Anda tidak perlu mengorbankan rasa sakit demi kecantikan saat ini, karena bulu mata palsu hanya berjarak satu kedipan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *