Sedang Mengalami Sinus? Simak Tips Berikut

Tips mengatasi sinus. (Foto: emergency life)

Sukoharjonews.com – Sinus adalah kantong berisi udara yang terdapat di pipi, di belakang dahi dan alis, di kedua sisi batang hidung, dan di belakang hidung. Mereka bisa tersumbat dengan mudah. Sinus yang sehat dilapisi dengan lapisan tipis lendir yang menjebak debu, kuman, dan partikel udara lainnya.


Mengutip dari WebMD, pada Sabtu (11/3/2023), sinus terjadi ketika jaringan di hidung dan sinus Anda membengkak dan meradang. Itu membuat sinus tidak mengalir dengan benar. Perubahan suhu, alergi, merokok, flu biasa, dan semua hal yang menyebabkan pembengkakan pada sinus atau mencegah silia menyapu lendir dapat menyebabkan masalah. Oleh karena itu, simak tips mengatasi sinus berikut:

1. Hindari zona merokok
Asap dari produk pembersih yang keras, cat, semprotan rambut, parfum – dan yang terpenting, merokok – dapat mengiritasi sinus Anda. Jangan biarkan teman atau keluarga merokok di rumah Anda. Cari produk pembersih “hijau” dalam varietas tanpa pewangi. Mereka cenderung mengandung bahan kimia keras yang dapat memicu masalah sinus.


2. Cobalah irigasi hidung
Ini juga disebut pencuci hidung, dan dapat membantu menjaga sinus Anda tetap bersih dan jernih. Anda menggunakan larutan garam steril ringan untuk mengeluarkan lendir dan alergen yang menyebabkan hidung tersumbat. Bersandarlah di wastafel, semprotkan larutan ke dalam satu lubang hidung, dan biarkan mengalir melalui rongga hidung Anda dan keluar dari lubang hidung lainnya. Buka mulut dan jangan bernapas melalui hidung.

3. Minum lebih banyak air
Teguk lebih banyak H2O atau jus. Ini akan membantu mengencerkan lendir dan mendorong drainase. Teh panas adalah pilihan bagus lainnya. Jangan berlebihan kafein atau alkohol. Alkohol dapat memperburuk pembengkakan sinus. Targetkan delapan atau lebih gelas 8 ons air atau minuman sehat lainnya setiap hari.


4. Hirup udara lembab
Nyalakan pelembap di kamar tidur atau ruangan lain tempat Anda menghabiskan banyak waktu. Udara kering dapat mengiritasi sinus Anda, tetapi menjaga kelembapan udara dapat membantu mengurangi hidung tersumbat. Menghirup uap dua hingga empat kali sehari juga dapat membantu. Duduklah di kamar mandi dengan pintu tertutup dan pancuran mengalir. Pastikan airnya panas. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *