Sedang Banyak Masalah dan Pikiran? Tidak Ada Salahnya Coba Tips Berikut!

Tips mengatasi masalah. (Foto: BBN Times)

Sukoharjonews.com – Mempunyai banyak pikiran atau masalah pasti sangat mengganggu aktivitas sehari – hari. Pasalnya ketika sedang banyak pikiran, otak kita rasanya penuh akan beberapa hal. Saat seperti itu, kita pasti sangat kalut. Meskipun belum menemukan solusi yang baik, kita harus tetap berusaha untuk menjernihkan pikiran kita supaya kita tidak stress.


Selain itu, biasanya saat pikiran sudah lebih jernih, kita bisa lebih bijak menghadapi persoalan yang ada. Dikutip dari beberapa sumber melalui Fimela, berikut tips untuk menjernihkan pikiran Anda dikala sedang banyak masalah:

1. Menggerakkan Tubuh
Melansir laman Helpguide.org, kalau kamu cenderung menyendiri saat stres atau mengalami trauma, aktivitas pereda stres yang membuatmu menggerakkan tubuh bisa sangat membantu. Jalan kaki, lari, menari, berjoget, merenggangkan tubuh, atau sekadar melakukan gerakan yoga sederhana bisa bantu redakan ketegangan yang kamu rasa. Pikiran pun bisa makin jernih dengan cara ini.

2. Membuat Sesuatu untuk Diri Sendiri
Membuat masakan untuk dinikmati sendiri, menulis kegiatan sendiri di buku harian, atau membuat karya yang sesuai dengan suara hati bisa dilakukan untuk hadirkan hati yang lebih tenang. Pikiran pun bisa lebih jernih saat menyadari bahwa sebenarnya kita masih menyayangi diri dengan baik. Hal-hal baik yang kita lakukan untuk diri sendiri pun bisa menghadirkan kekuatan untuk bertahan di masa sulit.


3. Mencari Teman Bercerita
Kadang yang kita butuhkan untuk kembali tenang adalah berbagi cerita. Bisa didengarkan dan diperhatikan oleh seseorang membuat perasan bisa lebih baik. Untuk menjernihkan pikiran, kadang kita juga butuh sudut pandang baru dan berbeda dari orang lain. Mendapat gambaran yang lebih luas soal persoalan yang sedang dihadapi bisa bantu tenangkan diri.

4. Mengerjakan Sesuatu yang Memberi Kepuasan
Lakukan sesuatu yang bisa menghadirkan perasaan puas. Membersihkan rumah, merapikan rak buku, atau sekadar menata ulang isi lemari, kepuasan yang hadir karena telah menuntaskan sesuatu biasanya bisa membuat pikiran jadi lebih jernih. Kadang kita hanya butuh jeda sejenak untuk melakukan sesuatu yang sederhana lebih dulu untuk mengurai rasa penat dan jenuh di kepala.


5. Memandangi Hal-Hal yang Ada di Sekitar
Memandangi sesuatu bisa bantu jernihkan pikiran. Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Misalnya, menatap awan di langit atau melamun di balik jendela saat naik kendaraan umum. Dengan cara ini, kita akan menemukan kedamaian serta pikiran jadi lebih jernih karena menyadari bahwa dunia masih memiliki kedamaian.

Penjelasan diatas merupakan beberapa tips untuk menjernihkan pikiran Anda saat sedang banyak pikiran atau masalah. Jika Anda sedang mempunyai banyak masalah, boleh dicoba tips diatas! (cita septa/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *