Sebanyak 60 Anggota PPK Pemilu 2024 Sukoharjo Dilantik, Ini Pesan Bupati

Pelantikan anggota PPK Pemilu 2024 oleh KPU Sukoharjo di Hotel Tosan Solo Baru, Rabu (4/1/2023)

Sukoharjonews.com (Grogol) – Sebanyak 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk pemilu 2024 resmi dilantik oleh KPU Sukoharjo di Hotel Tosan, Solo Baru, Grogol, Rabu (4/1/2024). Pelantikan tersebut dihadiri Bupati Sukoharjo, Etik Suryani dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).


Ketua KPU Sukoharjo, Nuril Huda, menyampaikan bahwa ada yang perlu digaris bawahi terkait tugas-tugas PPK diantaranya adalah melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu di tingkat kecamatan yang telah ditetapkan KPU, KPU provinsi, KPU kabupaten. Selain itu, juga melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh KPU sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Dalam melaksanakan tugas, PPK dibantu sekretariat yang terdiri dari seorang sekrtearis dan dua staf skretariat yang berasal dari pegawai kecamatan setempat,” ujar Nuril.

Lebih lanjut menurut Nuril, pembentukan sekretariat PPK dilakukan paling lambat tujuh hari setelah pelantikan. Artinya, sekretariat PPK harus sudah terbentuk paling lambat 11 Januari 2023.


Untuk proses pembentukan sendiri, PPK melalui KPU mengusulkan dan merekomendasikan paling banyak tiga calon sekretaris dan paling banyak empat calon staf pada bupati. Kemudian, bupati memilih dan menetapkan satu sekretaris dan dua staf sekretariat PPK melalui KPU yang ditetapkan dengan keputusan bupati.

“Saya harap anggota PPK segera berkoordinasi dengan camat masing-masing untuk menunjuk personel yang akan diusulkan sebagai sekretaris dan staf dan segera mengusulkannya pada kesempatan pertama,” ujar Nuril.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Etik Suryani menyampaikan bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun politik besar-besaran di Indonesia. Pasalnya, pemilu dan pemilihan kepala daerah (pilkada) bakal digelar secara serentak dalam tahun yang sama.


Untuk pemilu digelar pada 14 Februari 2024 untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, lalu anggota DPR RI, DPD RI, serta DPRD provinsi dan kabupaten/kota. Sementara, pilkada bakal digelar 27 November 2024. Melalui gelaran pilkada, akan dipilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di seluruh Indonesia.

“Ini akan menjadi pemilihan pertama yang terbesar di Indonesia. Sebab, sebelumnya, pemilu dan pilkada belum pernah dilaksanakan di tahun yang sama,” kata Bupati.

Etik juga mengatakan, tantangan tugas PPK dalam pemilu 2024 harus diatasi seperti bertambahnya jumlah partai peserta pemilu dan juga ekspektasi masyarakat bahwa pemilu harus lebih baik.

“Pesan saya, dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban senantiasa berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang ada, dan selalu berpegang teguh pada asas penyelenggara Pemilu diantaranya penyelenggaraan Pemilu yang jujur, adil, proporsional dan professional,” tambah Etik. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *