Ragam  

Sapi Kurban Presiden Jokowi Sehat, Rencana Dikirim ke Masjid Agung Solo

Sapi kurban Presiden Jokowi telah diperiksa kesehatannya dan dinyatakan sehat.

Sukoharjonews.com (Polokarto) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memesan seekor sapi kurban pada peternak asal Desa Mranggen, Polokarto, Kuncoro Budi Santoso. Sapi jenis Limosin tersebut memiliki berat 1,03 ton. Sapi “merah” tersebut sudah dicek kesehatanya oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Sukoharjo. Sapi dinyatakan sehat dan rencananya akan dikirim ke Masjid Agung Solo.



“Sapi sudah diperiksa kesehatannya oleh petugas dan dinyatakan sehat. Rencananya, sapi dikirim ke Masjid Agung Solo pada Kamis (30/7/2020) malam,” ujar Kuncoro, Sabtu (25/7/2020).

Kuncoro mengaku sapi tersebut dirawat dengan baik sejak lahir empat tahun lalu. Selama ini, Kuncoro menjadi langganan Presiden Jokowi untuk memesan sapi kurban. Tercatat sudah empat kali termasuk tahun ini Jokowi membeli sapi kurban dari Kuncoro.

Terkait kesehatan sapi kurban Presiden Jokowi tersebut, Kepala UPTD Rumah Potong dan Pusat Kesehatan Hewan Sukoharjo, Leni Sri Lestari mengaku kondisinya sehat. Pemeriksaan telah dilakukan meliputi pengecekan suhu tubuh, muka, kepala, hidung, kulit dan mulut. “Kondisi sapi sehat dan tidak ada indikasi sakit,” ujarnya.

Menurutnya, hewan sapi dinyatakan tidak sehat apabila suhu tubuhnya melebihi 40-41 derajat celcius. Selain suhu tubuh normal, mata, hidung dan sapi juga tidak menunjukkan tanda-tanda tengah sakit. Pengecekan dilakukan sebelum sapi dikirim ke Masjid Agung Solo. Leni mengaku pemeriksaan juga dilakukan pada hewan kurban lainnya.

“Pemeriksaan hewan kurban rutin kami lakukan menjelang Idul Adha untuk memastikan kesehatan hewan kurban. Kami juga memberikan obat cacing bagi hewan kurban khususnya sapi,” tambahnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *