Sanitarian Puskesmas Grogol Raih Penghargaan Kementerian Kesehatan

Sanitarian Puskesmas Grogol Ina Nurliana mendapat penghargaan STBM Award dari Kemenkes. (Foto: Isitmewa)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Prestasi diraih oleh tenaga sanitarian Puskesmas Grogol atas nama Ina Nurliana. Ina mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan berupa “STBM Award”. Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia pada Rabu (2/10) lalu di Jakarta. Dalam kesempatan itu, ada 42 sanitarian dari seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan.



“Selain sanitarian terbaik, juga ada penghargaan untuk 19 Kabupaten ODF dimana Sukoharjo masuk dalam kabupaten yang mendapat penghargaan,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Senin (7/10).

Dikatakan Yunia, penghargaan tersebut diberikan dalam rangka mewujudkan Sanitasi Total Berbabis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan. Kemenkes memberikan apresiasi bagi kabupaten/kota yang melakujan upaya STBM. Apresiasi sendiri diberikan untuk kabupaten/kota, tenaga sanitarian, serta masyarakat yang membuat media sodialisasi, baik itu melalui vlog, poster, dan lainnya. Untuk Sukoharjo sendiri, yang dinilai adalah tenaga sanitarian yang memiliki prestasi untuk STBM.

“Ada tiga sanitarian, masing-masing dari Puskesmas Grogol, Baki dan Sukoharjo. Setelah dilakukan penilaian terhadap administrasi dan lapangan, sanitarian Puskesmas Grogol yang keluar sebagai pemenang,” ujar Yunia.

Tenaga sanitarian sendiri, dikatakan Yunia, merupakan agen perubauan yang mendotong masyarakat untuk berperilaku sehat, memiliki sanitasi yang baik, penyediaan air minum yang sehat, dan lainnya. Sanitarian Puskesmas Grogol tersebut mampu melihat potensi masyarakat Grogol dengan untuk bisa melakukan perubahan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed