Ragam  

Sambut HUT, Kwarcab Pramuka Gelar Banyak Kegiatan

Ketua Kwarcab Pramuka Sukoharjo Purwadi saat memimpin ziarah ke makam leluhur dalam rangka HUT Pramuka ke-57 2018.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Sukoharjo menggelar berbagai kegiatan menyambut HUT Pramuka ke-57 2018. Kegiatan yang dilakukan antara lain ziarah ke makam leluhur, upacara ulang janji di Mako Brimob, Kecamatan Grogol dan pemasangan bendera. Ziarah dan pemasangan bendera merah putih adalah upaya untuk membangkitkan jiwa nasionalisme generasi muda. Selain itu, juga untuk menggelorakan gerakan pramuka.



Ketua Kwarcab Pramuka Sukoharjo yang juga Wakil Bupati Purwadi mengatakan, pramuka adalah wadah kegiatan generasi muda. Dengan ikut serta dalam pramuka, anak akan menjadi lebih mandiri dan memiliki moral yang baik. Hal inilah yang dibutuhkan saat ini. ”Saat ini banyak generasi muda yang terpengaruh narkoba dan pergaulan bebas. Hal ini seperti ini bisa dihindari dengan mengikuti kegiatan pramuka karena banyak pelajaran didalamnya tentang membantu sesama dan budi pekerti,” ujarnya.

Purwadi mengatakan, pramuka adalah pembelajaran yang lengkap. Dimulai dari Siaga kemudian naik ke level penggalang, dan terus naik ke Penegak dan lainnya. Artinya, pramuka memiliki pembelajaran berjenjang tentang kehidupan. ”Pramuka diharapkan menjadi penggerak generasi muda agar karakter dan budi pekerti bangsa Indonesia tidak rusak,” ujar Purwadi.

Menurutnya, beberapa makam yang diziarahi seperti makan Presiden ke-2 RI Soeharto di Astana Giribangun, Matesih. Selain itu, dalam waktu dekat ini yakni 25 Agustus akan ada estafet tunas kelapa dari Tiyaran, Kecamatan Bulu menuju Kecamatan Polokarto untuk diserahkan ke Kabupaten Karanganyar.

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pembinaan Dewasa Subari mengatakan, saat ini perlu pembenahan pola perilaku remaja seperti penyalahgunaan narkoba, minum-minuman keras dan seks bebas. Menurutnya, menangkal perilaku buruk itu, bisa diikutkan pramuka. Kegiatan ulang janji Dasa Darma diharapkan membangkitkan kembali jiwa generasi muda yang takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan lain sebagainya,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments