Router TP-Link Archer BE900 Wi-Fi 7 Diumumkan, Mulai Dijual Pada Kuartal 1 2023

Router TP-Link Archer BE900 Wi-Fi 7. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Pada saat produk baru berbasis Wi-Fi sebagian besar menggunakan teknologi Wi-Fi 6 atau Wi-Fi 6E, TP-Link telah mengumumkan router Wi-Fi 7 “pertama di dunia”, yang didasarkan pada spesifikasi IEEE yang akan datang .

Dikutip dari Gizmochina, rabu (16/11/2022), Router TP-Link Archer BE900 Wi-Fi 7 yang baru diumumkan didasarkan pada standar 802.11BE yang akan datang, yang merupakan penerus Wi-Fi 6 dan 6E dan hadir dengan beberapa peningkatan, antara lain kecepatan lebih cepat dan pengurangan latensi.

Wi-Fi 7 juga dapat mengaktifkan perangkat untuk terhubung ke dua spektrum sekaligus menggunakan Multi-Link Operation (MLO), yang berarti pengguna dapat menghubungkan perangkat ke 5GHz dan 6GHz secara bersamaan. Ini memiliki kompatibilitas mundur dengan Wi-Fi 6, 5, dan teknologi yang lebih lama.

Teknologi baru ini hadir dengan dukungan untuk saluran berkapasitas tinggi selebar 320MHz dan untuk memanfaatkannya, pengguna harus memiliki perangkat dengan dukungan Wi-Fi 7. Sebagai perbandingan, Wi-Fi 6E mendukung saluran selebar 160GHz.

TP-Link Archer BE900 adalah router Wi-Fi 7 quad-band andalan yang dilengkapi dengan lampu LED dan layar sentuh. Bagian depan dapat digesek untuk menunjukkan jam, cuaca, dan statistik nirkabel, antara lain. Itu juga dilengkapi dengan dukungan untuk teknologi seperti OpenVPN dan jaringan IoT pribadi untuk perangkat pintar.

Router andalan mendukung kecepatan nirkabel hingga 24Gbps, yang kurang dari kecepatan tertinggi 40Gbps yang didukung oleh Wi-Fi 7. Namun, kecepatannya lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan router Wi-Fi 6E. Ini menawarkan opsi combo 10Gb SFP+Fiber WAN ditambah port WAN 10Gb tambahan, dan mereka juga dapat digunakan sebagai LAN.

Router TP-Link Archer BE900 Wi-Fi 7 akan tersedia untuk preorder mulai 31 Desember dan akan dikirim pada kuartal pertama tahun 2023. Meskipun tanggal peluncuran yang tepat belum diketahui, perusahaan telah mengungkapkan bahwa produk tersebut akan berharga USD699,99 atau sekitar Rp10,9 jutaan. (nano)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *