Review TV, ‘Kaleidoscope’ Netflix Mengundang Anda untuk Mengacak Alur Ceritanya

Serial ‘Kaleidoscope’ Netflix. (Foto: Variety)

Sukoharjonews.com – Serial baru “Kaleidoscope,” tayang perdana pada 1 Januari 2023, dimaksudkan untuk ditonton dalam urutan apa pun, dengan tujuh episode pertamanya dapat diacak dan di-remix sesuai keinginan pemirsa sebelum penayangan terakhir. Dengan cara ini, tampaknya menyarankan dirinya dalam bentuk tanggal pemutaran perdana sebagai ideal untuk pesta Hari Tahun Baru.


Dilansir dari Variety, Senin (2/1/2023), penonton mungkin dimanjakan oleh pengetahuan bahwa urutan menonton tidak penting, dan, dalam hal ini, informasi terkait akan diulang seperlunya untuk memperjelas poin.

“Kaleidoscope” memiliki cerita yang cukup menarik di tengahnya – desingan desain episode acaknya melapisi cerita tentang perampokan berani yang dilakukan sebagai semacam balas dendam oleh penjahat ulung (Giancarlo Esposito) dan tim cracknya.

Masalah dengan “Kaleidoscope”, bagaimanapun, adalah bahwa desainnya bukanlah cara yang cerdik untuk memajukan penceritaan daripada hal-hal yang dilakukan oleh pencipta, atau streamer, karena itu bisa. Itu cukup baru untuk memiliki banyak episode yang tersedia untuk ditonton dalam urutan acak (meskipun itu tidak baru: CBS All Access sebelumnya diluncurkan pada tahun 2020 sebuah seri, “Interogasi,” dibuat dengan cara yang serupa).


Tapi itu mengingatkan, sedikit, pada novel George Perec yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai “A Void”, yang dalam bahasa Perancis dan Inggris keduanya ditulis tanpa menggunakan huruf “E”. Ini adalah aksi yang cerdik, tetapi apakah pembaca saat ini mengingat ceritanya, atau hanya fakta dari kendalanya?

Di sini, kendala itu berarti bahwa setiap episode harus dapat dibaca oleh pemirsa yang datang dengan dingin: Bisa jadi itu yang pertama. (Untuk alasan yang sama, rasanya seolah-olah hampir semua hal tentang pertunjukan ini dapat ditafsirkan sebagai spoiler – cukup dikatakan bahwa karakter Esposito memiliki misi tidak hanya untuk memenangkan kembali uang tetapi juga kasih sayang, dan untuk merugikan musuh dalam prosesnya.) Dan saya mendapati diri saya mendambakan kesederhanaan pilot TV yang dibuat secara klasik saat pertama kali menonton “Red”, sebuah episode yang terjadi pada pagi hari setelah pencurian.

Upaya acara untuk menyampaikan tekstur hubungan karakter ini dengan cara cepat yang tidak akan mengejutkan pemirsa yang telah menghabiskan waktu bersama mereka tidak secara konsisten berhasil, dan taruhannya tampak besar sekaligus – para pemain berada di tengah-tengah dari jaringan kejahatan dan loyalitas yang membingungkan – dan tidak ada.


Berharap untuk beberapa cerita latar, episode saya berikutnya adalah “Violet”, yang menurut deskripsi episode Netflix ditetapkan 24 tahun sebelum pencurian; di sini, saya menemukan apa yang mungkin menjadi alasan untuk semua desis dan keanehan dari presentasi Netflix tentang “Kaleidoskop”. Produk inti tidak terlalu bagus.

Dalam episode ini, dan di episode lain saya menyaksikan tanah di bawah kaki saya semakin kokoh dan saya mulai memahami ceritanya, kebetulan berkuasa, dialog dibuat kaku dan canggung, dan pengaturan anggaran rendah dan difilmkan dengan malu-malu. (Adegan api yang merusak di “Kaleidoscope” tampak seperti sisi ini dari bagaimana sabun siang hari menggambarkannya – intinya muncul, tapi saya berharap sedikit lebih banyak dari proyek Netflix tenda.)


Seperti halnya “Bandersnatch,” Netflix interaktif Episode “Black Mirror”, dan salah satu peserta yang lebih lemah dalam kanon acara itu, perangkat tersebut tampak seperti cara untuk membuat acara yang kurang matang layak untuk didiskusikan.

Saya tidak akan memalingkan orang dari “Kaleidoskop” – jika menurut Anda memilih jalur Anda sendiri melalui ceritanya kedengarannya bermanfaat, Anda mungkin akan menemukan setidaknya sedikit kesenangan dalam melihat beberapa elemen yang hanya disinggung sebelumnya dalam penayangan Anda nanti, dan melihat bagaimana beberapa fakta yang dinyatakan dengan datar kemudian diisyaratkan. Tapi saya peringatkan bahwa melihat bagaimana semuanya cocok bersama jauh lebih menyenangkan dan menarik daripada cerita sebenarnya di sini. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *