Ragam  

Rekrutmen KPPS Selesai, Total 12.425 Petugas, Rapid Test Sebelum Bertugas

Pilkada Sukoharjo 9 Desember 2020. (llustasi).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo menyelesaikan rekrutmen Kelompok Petugas Pemungutan Suara (KPPS). KPPS tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sendiri sebanyak tujuh orang. Sehingga, karena TPS ada 1.775 maka total KPPS mencapai 12.425 orang. Selain itu, ada juga tambahan dua petugas Linmas yang membantu tugas KPPS di tiap TPS.



“Semua KPPS maupun Linmas yang akan bertugas di TPS akan menjalanu rapid test dua minggu sebelum hari pemungutan suara,” ujar anggota KPU Sukoharjo, Suci Handayani, Selasa (17/11/2020).

Dikatakan Suci, terkait protokol kesehatan (prokes) di TPS benar-benar menjadi perhatian KPU. Pasalnya, KPU tidak ingin event Pilkada nanti menjadi klaster baru penularan virus corona. Nantinya, petugas Linmas di tiap TPS salah satunya adalah melakukan pengawasan terkait prokes. Karena ada 1.775 TPS, makan dibutuhkan 3.550 petugas Linmas karena dibutuhkan dua per TPS.

Petugas Linmas ini, ujar Suci, akan mengawasi proses pemungutan suara terkait kepatuhan protokol kesehatan masyarakat. Juga, memastikan semua warga yang datang ke TPS memakai masker, memeriksa suhu badan, mencuci tangan dengan sabun dan aturan lainnya dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona.

“Pada hari pemungutan suara, di setiap TPS juga dilakukan penyemprotan disinfektan secara berkala, mulai akses masuk hingga bilik suara,” ujar Suci.

Suci menambahkan, masalah pandemi virus corona saat pemungutan suara Pilkada ini benar-benar menjadi perhatian KPU sehingga anggaran yang dibutuhkan membengkak. Prinsipnya, ujar Suci, Pilkada berjalan lancar dan sukses dan masyarakat terhindar dari virus corona. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.