Ragam  

Redam Isu Soal Papua, Polres dan Kodim Undang Mahasiswa Papua Ngopi Bareng

Kapolres AKBP Iwan Saktiadi dan Dandim Letkol Inf Chandra Sriyadi Prakosa saat bercengkerama dengan perwakilan mahasiswa Papua yang hadir dalam acara ngopi bareng di Polres Sukoharjo, Selasa (3/9).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Polres bersama Kodim Sukoharjo menggelar acara “Coffee Morning” bersama mahasiswa asal Papua di Ruang Panjura Polres Sukoharjo, Selasa (3/9). Acara tersebut dalam rangka menjalin tali silturahmi sekaligus meredam isu soal Papua pascakerusuhan. Dengan acara tersebut diharapkan mahasiswa Papua yang ada di Sukoharjo tidak resah karena Polres dan Kodim menjamin keamanan selama menempuh pendudikan di wilayah Sukoharjo.



“Kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi dengan warga Papua yang tengah mengeyam pendidikan di Sukoharjo. Kami menjamin keamanan mereka selama berada di Sukoharjo,” tandas Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi.

Dikatakan Kapolres, Papua tidak kalah berharga dengan daerah lain. Untuk itu, dengan acara tersebut diharaplan mampu mempererat kesatuan dan persatuan dalam rangka menjaga NKRI. Kedepan, ujar Kapolres, acara serupa akan terus digelar dengan kemasan yang berbeda seperti olahraga bersama. Menyikapi isu soal Papua, Polres dan Kodim meminta mahasiswa asal Papua tidak perlu khawatir soal keamanannnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga menawarkan bantuan untuk mahasiswa adal Papua untuk belajar naik motor bagi yang belum bisa hingga pembuatan SIM. Terkait hal itu, Polres siap memfasilitasi untuk pembelajaran naik sepeda motor hingga membantu pembuatan SIM.

Sedangkan Dandim 0726, Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa mengapresiasi acara yang digagas Polres dalam rangka merajut kebersamaan dalam kebhinekaan. Menurutnya, kegiatan itu merupakan kegiatan yang positif dalam rangka menjalin komunikasi dengan warga Papua yang ada di Sukoharjo. Dandim berharap, kegiatan tersebut disambung terus dan tidak hanya dalam event-event tertentu saja.

“Setekah menempuh pendidikan bisa membangun bangsa dimanapun berada dan tidak hanya di Papua. Bisa di Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan lainnya,” ujarnya.

Dandim juga berpesan untuk mewaspadai beredarnya hoax terkait isu Papua. Pasalnya, berita hoax yang disampaikan berulang-ulang sangat berbahaya. Sebagai generasi muda harus bijak saat menggunakan media sosial. Informasi yang diterima diminta untuk disaring terlebih dahulu sebelum disharing. Jangan sampai informasi yang menyesatkan justru membuat salah langkah dalam berbuat.

Perwakilan mahasiswa Papua, Yonas Nixson menyampaikan, dirinya bersama empat lain yang hadir dalam acara tengah menempuh pendidikan di Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta. Kelimanya berasal dari dari Kabupaten Sarmi, Papua. Yonas menyampaikan ucapan terimakasih pada Polres dan Kodim yang memberikan keamanan sehingga bisa menempuh pendidikan dengan aman.

“Situasi yang terjadi di Papua, kami tahu ada oknum-oknum tertentu tertentu yang bermain. Kami satu tujuan untuk menimba ilmu hingga kembali ke Papua untuk bisa membangun Papua lebih maju dan sejahtera. NKRI harga mati!,” tandasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *