Ragam  

Rangkaian Kegiatan Hari Lahir Sukoharjo, Bupati dan Forkopimda Ziarah TMP Jurug

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani beserta Forkopimda ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Jurug, Solo tempat disemayamkannya Bupati Sukoharjo pertama, KMRT Soewarno Honggopati, Tjitrohoepojo, Rabu (13/7/2022).

Sukoharjonews.com (Solo) – Rangkaian kegiatan hari Lahir Kabupaten Sukoharjo ke-76, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, serta pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bhakti Jurug, Solo, Rabu (13/7/2022). Di TMP tersebut disemayamkan mantan Bupati Sukoharjo pertama, KMRT Soewarno Honggopati Tjitrohoepojo.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Etik Suryani mengatakan bahwa peringatan Hari Lahir Ke-76 Kabupaten Sukoharjo merupakan refleksi masa lalu untuk menumbuhkan semangat menghadapi masa depan dalam pembangunan yang berkesinambungan. Masyarakat dan seluruh elemen di Kabupaten Sukoharjo, tidak boleh melupakan masa-masa perjuangan dalam membentuk Pemerintahan Daerah ini. Semangat mengabdi itulah yang terus kita tumbuhkan, dalam menghadapi masa depan.

“Saya atas nama Pemkab Sukoharjo mengapresiasi penyelenggaraan upacara ziarah dan tabur bunga ini. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingat dan mengenang jasa para pahlawan sekaligus mendoakan semoga arwah para pahlawan dapat diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

Etik juga berharap melalui kegiatan ziarah dan tabur bunga tersebut bisa menjadi inspirasi dan motivasi seluruh masyarakat untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

“Jika dulu kita berjuang melawan penjajahan, sekarang kita berjuang manjadi pahlawan corona, yaitu dengan menjalankan protokoler kesehatan dan melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, nilai kepahlawanan bisa menjadi sebuah pendorong energi dan spirit baru untuk melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya, dalam rangka mengisi kemerdekaan dan mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat.


Etik juga mengatakan, semangat kejuangan untuk mengabdi kepada masyarakat harus selalu dikristalkan dalam menghadapi permasalahan akhir-akhir ini. Termasuk dalam masalah pandemi corona yang sudah melandai memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat untuk bergerak menumbuhkan kehidupan ekonomi yang lebih luas.

“Penurunan status PPKM menjadi level 1, membuat seluruh aspek kehidupan secara perlahan pulih sehingga ekonomi masyarakat dapat tumbuh menuju ke arah Kabupaten Sukoharjo yang lebih Makmur lagi,” tambahnya.

Sedangkan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Pemkab Sukoharjo, Budi Santoso menyampaikjan banyak agenda dalam rangkaian Hari Lahir Kabupaten Sukoharjo Ke-76. Kegiatan tersebut antara lain gerakan kebersihan, ziarah dan tabur bunga ke taman makam pahlawan dan anjangsana ke rumah mantan Bupati pertama KRT Soewarno Honggopati Tjitro Hoepoyo.

Budi juga mengatakan, ziarah makam juga dilaksanakan dimakam Hastana Kendaran Desa Kagokan yang merupakan makam Gubernur Jawa Tengah R Soekardji Mangoenkoesoemo dan disemayamkan pula Mantan Gubernur ke tiga Jateng R Soekardji Mangoenkoesoemo. Puncak kegiatan Hari Lahir Sukoharjo sendiri akan digelar pada 15 Juli mendatang berupa kirab Petikan PP Nomor 16/SD/1946 dari halaman Kantor Setda menuju Kantor DPRD. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *