Rakor Pengendalian Operasional Kegiatan, Bupati Sukoharjo Sindir Pejabat Telat Datang

Rakor POK diikuti seluruh kepala OPD Pemkab Sukoharjo, Selasa (26/4/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Pemkab Sukoharjo menggelar Rapt Koordinasi (Rakor) Pengendalian Operasional Kegiatan (POK) di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Selasa (26/4/2022). Dalam acara tersebut, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyindir dan menegur sejumlah pejabat yang terlambat datang ke acara.


“Saat ini masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tertinggal mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan anggaran. Bagaimana mau maju datang rapat saja juga terlambat. ASN harus punya semangat disiplin kerja karena pelayanan masyarakat harus diutamakan,” tegas Etik.

Etik minta pejabat Pemkab Sukoharjo disiplin kerja dengan selalu melakukan koordinasi dan komunikasi untuk mempercepat pelaksanaan tugas yang menjadi tanggungjawabnya.

Etik mengatakan, dalam rangka mewujudkan pelaksanaan APBD yang tepat waktu, tepat mutu, tepat sasaran yang didukung oleh tertib administrasi yang baik. Salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan intensifikasi pengendalian kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selalu pengguna anggaran.

Menurutnya, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan merupakan mata rantai yang saling berkesinambungan yang tidak ada putusnya. Oleh karena itu, perlu ditekankan bahwa aktivitas pengendalian tidak terbatas dalam bentuk rapat semata, melainkan dalam bentuk-bentuk lainnya seperti konsultasi, surat menyurat dan lain sebagainnya yang secara keseluruhan bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan.

“Semua kepala OPD harus dapat melaksanakan pengendalian internal atas pengelolaan keuangan dan seluruh kegiatan di lingkup OPD masing-masing sehingga seluruh kegiatan yang telah direncanakan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu,” tegasnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Widodo menambahkan, ada beberapa OPD memiliki beban kerja lebih berat dibanding lainnya karena banyaknya pengelolaan anggaran dan pelaporan yang harus dilakukan. Kinerja OPD tersebut tidak sekedar terletak pada pimpinan OPD saja melainkan juga seluruh jajaran dibawahnya.

“Seluruh pejabat harus disiplin kerja, selalu komunikasi dan koordinasi. Matangkan perencanaan sejak awal hingga proses pelaksanaan dapat berjalan lancar dan pelaporan selesai dikerjakan,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.