Raih Emas, Dominasi Lifter Eko Yuli Irawan Belum Selesai di SEA Games

SEA Games 2021 Vietnam. (Ilustrasi)

Sukoharjonews.com – Lifter senior Eko Yuli Irawan kembali meraih emas SEA Games 2021 Vietnam. Dominasi Eko di event SEA Games belum terpatahkan. Tampil di kelas 61kg putra di SEA Games Vietnam, Eko meraih medali emas, Jumat (20/5/2022). Emas tersebut merupakan yang keenam berturut-turut di event SEA Games.


Eko yang merupakan lifter eraih perak di Olimpiade Tokyo 2020 itu mendapat medali emas setelah mencatatkan total angkatan 290kg, dengan rincian snatch 135kg dan clean and jerk 155kg. Eko sendiri merupakan lifter andalan Indonesia. Eko tercatat sudah tampil di empat Olimpiade.

Dalam SEA Games Vietnam, Eko membuka angkatan snatch seberat 130kg di kesempatan pertama. Eko juga dengan mulus melakukan angkatan 135kg di percobaan kedua. Hanya saja, lifter berusia 32 tahun itu gagal menuntaskan angkatan seberat 138kg pada kesempatan terakhir. Meski begitu, dia tetap unggul pada kategori snatch dengan catatan terbaik 135kg.

Pada kategori clean and jerk, Eko sebetulnya berhasil mengangkat beban seberat 155kg di percobaan pertama, namun angkatan tersebut dinyatakan tidak sah oleh juri. Beruntung Eko berhasil menuntaskan angkatan tersebut dan memastikan medali emas kelas 61kg yang juga emas pertama angkat besi Indonesia.

“Alhamdulillah bisa menyumbang emas lagi untuk Indonesia. Kapan pun dibutuhkan saya selalu siap membela Indonesia,” ucap Eko dikutip dari Antara.

Sedangkan untuk medali perak kelas 61kg diraih lifter Malaysia Aznil Bin Bidin Muhammad dengan total angkatan 287kg, snatch 135kg dan clean and jerk. Perunggu diamankan Ngoc Trung Nguyen dari Vietnam (total angkatan 286kg, snatch 132kg dan clean and jerk 154kg).

Pada edisi tiga tahun di Filipina, Eko mendapat emas sekaligus mengukir rekor SEA Games setelah membukukan total angkatan 309kg, dengan rincian snatch 140kg dan clean and jerk 169kg.

Catatan terbaik Eko saat ini berada di angka 317kg (snatch 143kg dan clean and jerk 174kg), yang ia bukukan dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018 yang berlangsung di Ashgabat, Turkmenistan. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *