Pusat Rekrutmen CPNS Secara Online, Sukoharjo Belum Jelas

Pemkab Sukoharjo masih menunggu pemberitahuan resmi soal rekrutmen CPNS tahun ini.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Informasi seputar penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sudah dinanti masyarakat Sukoharjo. Sayangnya, hingga kini daerah belum mendapatkan informasi pasti kapan daerah akan menggelar rekrutmen CPNS atau Aparatur Sipil Negera (ASN). Justru pemerintah pusatlah yang akan membuka pendaftaran CPNS secara online melalui website www.sscn.bkn.go.id. Pendaftaran secara online CPNS oleh pusat tersebut diinformasikan dimulai pada 19 September nanti.



“Informasi yang kami terima justru mengenai pendaftaran CPNS oleh pusat secara online. Kalau untuk rekrutmen CPNS daerah sendiri malah belum jelas,” terang Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo Joko Triyono, Kamis (13/9).

Joko mengaku, hingga saat ini Pemkab Sukoharjo belum menerima penetapan kuota rekrutmen CPNS dari pusat. Kuota tersebut sangat penting bagi daerah khususnya Sukoharjo dalam melaksanakan rekrutmen tenaga baru abdi negara sebagai tambahan pegawai. Sebelum ada instruksi resmi dari pusat, daerah tidak bisa menggelar rekrutmen sendiri.

“Kalau warga Sukoharjo ingin mendaftar CPNS, silahkan daftar melalui sistem online wesite BKN,” ujarnya.

Joko Triyono tidak membantah memang pemerintah pusat segera membuka rekrutmen CPNS melalui online disejumlah kementerian. Rencananya pembukaan pendaftaran akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Sedangkan bagi daerah sampai sekarang belum ada kejelasan rekrutmen CPNS baru. Pemkab Sukoharjo sendiri sudah mengajukan tambahan rekrutmen CPNS ke pusat sebanyak 373 formasi.

Dari jumlah formasi tersebut, terdiri dari tenaga fungsional pendidikan 306 formasi dan tenaga fungsional kesehatan 67 formasi. Angka dan formasi tersebut sifatnya hanya pengajuan usulan saja dan keputusan pemberian tambahan CPNS menjadi kewenangan pusat. Jadi, daerah hanya bisa menunggu berapa kuota formasi yang diberikan dan kapan dilakukan rekrutmen. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments