Ragam  

Proyek Jalan Sugihan-Paluhombo Masih Harus Menunggu Proses Hukum di MA

Salah satu ruas jalan di Desa Mertan, Kecamatan Bendosari menjadi bagian dari peningkatan Jalan Sugihan-Paluhombo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Realisasi pelaksanaan proyek peningkatan jalan Sugihan-Paluhombo, Kecamatan Bendosari harus sedikit tertunda. Pasalnya, proses hukum dimana gugatan warga yang menolak nilai ganti rugi berlanjut hingga Mahkamah Agung (MA). Sebagian warga yang terkena proyek masih tetap berjuang meski gugatan di tingkat pengadilan di tolak. Karena belum ada keputusan hukum tetap, proyek jalan tersebut belum bisa direalisasikan.



“Pemberitahuan dokumen laporan terkait kasasi tersebut sudah diterima Pemkab Sukoharjo. Karena sudah masuk MA, Pemkab hanya bisa menunggu prosesnya,” ujar Kabag Hukum Setda Pemkab Sukoharjo Budi Susetyo, Minggu (12/5).

Dikatakan Budi, sesuai Perauran MA, penanganan perkara untuk kepentingan umum, maksimal 30 hari sejak berkas diterima MA. Meski begitu, soal kasus itu sepenuhnya menjadi kewenangan MA, apakah sesuai dengan peraturan tersebut atau tidak. Jika sesuai peraturan tersebut, otomatis kasus tersebut segera diputuskan sehingga proyek tersebut bisa dilaksanakan tahun ini.

Soal apa keputusan MA nanti, ujar Budi, Pemkab harus melaksanakannya. Hal itu terkait dengan nilai ganti rugi yang diberikan. Seandainya MA menolak kasasi warga, otomatis nilai ganti rugi tetap sesuai dengan nilai yang ditawarkan sebelumnya. Jika warga tetap tidak mau menerima, nantinya uang ganti rugi akan dititipkan di PN melalui konsinyasi.

Dalam pemberitaan sebelumnya, warga pemilik lahan yang terkena proyek peningkatan Jalan Sugihan-Paluhombo di Kecamatan Bendosari mengajukan gugatan ke PN karena ganti rugi lahan yang diberikan oleh BPN dinilai terlalu kecil. Ganti rugi yang diberikan oleh BPN sebesar Rp250 ribu-Rp300 ribu per meter persegi sedangkan warga meminta Rp600 ribu per meter persegi. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *