Ragam  

Program Mudik Gratis, Pemkab Sukoharjo Menunggu Koordinasi dengan Pemprov Jateng

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Program mudik gratis yang digulirkan pemerintah pusat belum sampai ke daerah. Pasalnya, hingga saat ini Pemkab Sukoharjo belum mendapatkan informasi terkait peran daerah dalam program mudik gratis tersebut.


“Belum ada informasi hingga hari ini. Mungkin nanti kalau ada pasti ada koordinasi dulu,” ujar Bupati Sukoharjo, Etik Suryani didampingi Wakil Bupati, Agus Santosa, Senin (11/4/2022).

Dikatakan Etik, biasanya terkait program mudik gratis yang menjadi leading sektor adalah Pemprov Jawa Tengah. Selama ini, ujar Etik, program mudik gratis merupakan program pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah.

“Kalau dari Pemkab Sukoharjo tidak ada. Yang jelas, kami siap menyambut pemudik dengan mempersiapkan hal-hal yang terkait seperti imbauan pusat,” jelas Etik.

Etik mengatakan, yang disiapkan Pemkab Sukoharjo adalah vaksinasi booster untuk para pemudik. Pasalnyalnya, sudah ada aturan dari pusat untuk pemudik harus sudah vaksin booster. “Nanti Satgas corona tingkat kecamatan dan desa akan memantau kedatangan pemudik. Didata sudah booster atau belum kalau belum diminta datang ke Puskesmas,” ujarnya.

Sedangkan Wakil Bupati Agus Santosa, menyampaikan bahwa terkait dengan program mudik gratis tahun-tahun sebelumnya ditangani Pemprov Jateng. Daerah hanya diminta untuk berkontribusi dalam bentuk armada bus pengangkut pemudik dari asal masing-masing.

“Kalau tahun-tahun lalu sebelum pandemi corona, daerah diminta menyediakan armada bus untuk pemudik. Dari Sukoharjo biasanya dua unit. Pemkab hanya bisa menunggu ada tidaknya permintaan kontribusi untuk progran mudik gratis itu,” kata Agus. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *