Ragam  

Polres Siap Amankan Pilkades Serentak 125 Desa

Pilkades Serentak 125 desa di Sukoharjo digelar 11 Desember.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 125 sudah semakin dekat. Pemilihan atau coblosan Pilkades akan digelar pada 11 Desember mendatang. Terkait gelaran pesta demokrasi tingkat desa tersebut, Polres Sukoharjo siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak. Meski suhu politik di sejumlah desa sudah mulai memanas, Polres menilai secara umum situasi masih aman dan kondusif.



“Kami siap melakukan pengamanan Pilkades serentak yang digelar 11 Desember. Situasi dan kondisi terus kami pantau melalui jajaran kepolisian yang ada,” terang Kabag Ops Polres Sukoharjo Kompol Teguh Prasetyo, Rabu (21/11).

Teguh mengaku, saat ini bisa dikatakan belum ada gejolak yang terjadi dimasyarakat khususnya desa yang akan melaksanakan Pilkades. Situasi bisa dikatakan masih kondusif meski suhu politik dibeberapa desa mulai memanas. Untuk itu, kepolisian tetap waspada dan terus melakukan pantauan di lapangan untuk memastikan kondisi Kambtibmas di Sukoharjo aman.

Diakui Teguh, sampai saat ini belum ada laporan yang masuk mengenai desa yang masuk tahap rawan. Terlebih, ujar Teguh, selama ini Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi selalu terjun ke berbagai wilayah melakukan sosialisasi dengan menghadirkan calon, masyarakat dan unsur lainnya. Di forum tersebut Kapolres menegaskan bahwa gelaran Pilkades bukan ajang untuk memumpuk perpecahan, tetapi adalah agenda demokrasi. Karena itu, meski beda pilihan kondusivitas harus menjadi prioritas utama.

“Pada prinsipnya, dalam kegiatan keliling ke wilayah-wilayah menggelar Pilkades, Kapolres sudah menekankan agar semua pihak ikut menjaga Kamtibmas,” ujarnya.

Disinggung soal sistem pengamanan pada saat Pilkades serentaj nantinya, Teguh mengaku sudah ada pembagian tugas. Nantinya ada anggota yang patroli, standby di tempat pemungutan suara, serta ada Kompi Brimob yang membantu melakukan pengamanan. Nanti, Brimob akan stanby di Mako Polres. Brimob baru akan digeser jika dalam satu wilayah ada keributan. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments