PKB Tetap Tiga Kursi, Demokrat dan NasDem Kehilangan Satu Kursi

Ilustrasi Kantor DPC PKB Sukoharjo.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Proses rekapitulasi suara hasil pemilu legislatif baru sampai di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Meski begitu, partai politik sudah memiliki rekapitulasi yang bersumber dari formulir C1 para saksi. Setelah PKS, Golkar, dan PAN, PKB pun menyatakan berhasil mempertahankan tiga kursi DPRD. Sedangkan untuk Partai Demokrat dan Partai NasDem sama-sama meraih satu kursi. Dengan kata lain, baik Demokrat maupun NasDem kehilangan satu kursi.



“Sesuai penghitungan internal, kami masih bertahan di tiga kursi. Daerah pemilihan yang berhasil meraih kursi juga sama dengan pemilu 2014 lalu,” terang Ketua DPC PKB Sukoharjo Syarif Hidayatullah, Senin (22/4).

Dikatakan Syarif, Daerah Pemilihan (Dapil) yang meraih kursi masing-masing Dapil 1 dengan caleg Suhardi, Dapil 2 atas nama Wiji Astuti dan Dapil 3 dengan caleg peraih suara terbanyak Okiviana. Menurutnya, untuk Dapil 4 dan 5 PKB belum berhasil meraih kursi.

Sedangkan untuk Partai Demokrat harus rela kehilangan satu kursinya. Pasalnya, pada pemilu 2014 lalu Demokrat berhasil meraih dua kursi dan pada pemilu 2019 ini hanya berhasil meraih satu kursi untuk Dapil 1 atas nama Sugeng Purwanto yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Sukoharjo. Terkait hal itu dibenarkan Sugeng yang mengaku hanya meraih satu kursi di Pileg 2019 ini.

Sementara itu, Ketua DPD NasDem Sukoharjo Agus Tri Raharjo ketika dikonfirmasi membenarkan kalau partainya hanya meraih satu kursi. Menurut Agus, dalam pemilu ini hanya Dapil 5 (Mojolaban, Polokarto) yang berhasil mempertahankan kursinya. Caleg yang memiliki suara terbanyak adalah caleg petahana Supardiyanto. Sedangkan untuk kursi di Dapil 1 (Sukoharjo, Bendosari, Nguter) tidak berhasil dipertahankan.

“Yang sudah pasti baru di Dapil 5, untuk Dapil lain menunggu hasil penghitungan kecamatan,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *