Pilkades Serentak 13 Desa, KPPS TPS 2 Desa Tanjung Tampil Beda dengan Busana Jawa

KPSS TPS 2 Desa Tanjung, Kecamatan Nguter mengenakan busana adat jawa.

Sukoharjonews.com (Nguter) – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 13 desa diselenggarakan secara serentak di Kabupaten Sukoharjo, Kamis (8/12/2022). Salah satunya di Desa Tanjung, Kecamatan Nguter. Saat pemilihan, satu TPS di Desa Tanjung, yakni TPS 2 di Dukuh Jarak tampil beda dimana semua anggota KPPS tampak mengenakan busana adat Jawa.


Dalam pantauan di TPS 2, semua anggota KPPS kompak mengenakan busana Jawa. Untuk laki-laki mengenakan beskap dan blangkon lengkap bersama aksesorisnya, sedangkan yang petempuan perempun mengenakan jarik dan kebaya berwarna hitam lengkap beserta aksesorisnya.

“Kenapa memilih memakai pakaian adat ya agar beda dengan yang lain, unik, dan menarik. Disini juga disediakan stan es krim gratis dan dorprize bagi para pemilih. Alnya kita mau pakai lurik tapi tidak jadi akhirnya kita memilih untuk pakai beskap jawa,” salah satu anggota KPPS, Hartanto.

Hal menarik lainnya adalah TPS 2 adalah lokasinya yang berada di rumah joglo. Selain itu, di TPS 2 juga menyediakan vaksinasi corona bagi para warga Dukuh Jarak yang belum melakukan vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi sendiri bekerjasama dengan Puskesmas Nguter.


Sedangkan es krim gratis sendiri disediakan oleh pemilik Joglo Areta yang digunakan sebagai TPS. Rumah Joglo Areta tersebut milik seorang pengusaha aksesoris handphone.

“Ini kan pesta rakyat, jadi kalau untuk es krim mumpung pesta rakyat jadi untuk memeriahkan pesta rakyat dan menarik partisipasi masyarakat untuk datang memilih,” ujar Suradi, pemilik Joglo Areta.

Keberadaan TPS 2 tersebut juga menarik perhatian Bupati Sukoharjo, Etik Suryani yang datang melakukan pantauan bersama Kapolres. Bahkan, Bupati pun turut berpartisipasi dengan mengambil nomor undian untuk mengambil nomor doorprize yang disediakan panitia.

Khusus untuk TPS 2 Dukuh Jarak memiliki jumlah pemilih sejumlah 399 pemilih yang terdiri dari 200 laki-laki dan 199 perempuan. Di TPS 2, perolehan cakades Edi Nuryanto 267 dan suara untuk cakades Yuyun Irawati 24 suara dengan sedangkan 6 suara tidak sah. (patrisia argi/mg)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *