Pilgub dan Pilbup 2024, KPU Ajukan Anggaran Rp59,6 Miliar

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo mulai menyiapkan diri untuk agenda pemilu dan pilkada tahun 2024 mendatang. Salah satunya adalah mengajukan anggaran kepada Pemkab Sukoharjo. Nominal anggaran yang diajukan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) tahun 2024 mencapai Rp59,6 miliar.




“Anggaran ini baru estimasi kebutuhan untuk dua agenda pemilu, yakni Pilgub dan Pilbup 2024,” terang KPU Sukoharjo, Nuril Huda, Selasa (28/12/2021).

Dikatakan Nuril, untuk kebutuhan Pilbup nanti sepenuhnya anggaran ditanggung oleh Pemkab Sukoharjo. Namun, untuk Pilgub ada alokasi anggaran dari Provinsi Jateng meski belum diketahui nominalnya. Yang jelasm untuk dua agenda pemilu tersebut, anggaran yang diajukan oleh KPU sebesar Rp59.6 miliar. Anggaran tersebut sudah diajukan ke Pemkab dan ditindaklanjuti dengan menyusun Perda Dana Cadangan.

Penyusunan Perda Cadangan tersebut dilakukan Pemkab karena anggaran yang diajukan cukup besar. Untuk itu, Pemkab akan mengalokasikan anggaran mulai tahun 2022 mendatang. Disebutkan, untuk tahun 2022 akan dialokasikan Rp22 miliar, tahun 2023 dialokasikan Rp23 miliar, dan tahun 2024 dialokasikan kekurangannya.

“Selain kebutuhan anggaran, kami rutin melakukan pemeliharaan Daftar Pemilih Tetap atau DPT tiap bulan,” ujarnya.

Pemeliharaan DPT tersebut dilakukan dengan update data untuk pemilih yang sudah meninggal dunia, anggota TNI-Polri yang sudah pensiun, warga dibawah 17 tahun yang sudah menikah, pemilih pemula, dan lainnya. Pemeliharaan tersebut dilakukan dengan koordinasi dengan instansi terkait seperti Dispendukcapil, Kementerian Agama, Pengadilan Negeri, dan lainnya.

Anggota KPU Sukoharjo, Cecep Khoirul Sholeh menambahka, sesuai pemeliharaan bulan November 2021 lalu, jumlah DPT Sukoharjo mencapai 661.020 orang. “Untuk bulan Desember, kami akan menggelar koordinasi akhir bulan ini untuk update data DPT,” ujar Cecep. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.