Peserta Seleksi CPNS Sukoharjo Jalani Tes SKD di Karanganyar

Ilustrasi rekrutmen CPNS.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 9.361 peserta seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau CPNS Kabupaten Sukoharjo tengah mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Karanganyar. Peserta seleksi CPNS dari Sukoharjo sudah mengikuti tes SKD sejak 22 Februari lalu dan akan berakhir pada 26 Februari mendatang. Pelaksanaan tes sendiri menggunakan sistem “Computer Assisted Test” (CAT). Hasil tes SKD sendiri bisa diketahui peserta usai test karena langsung diumumkan.



“Passing grade untuk SKD sudah diumumkan sehingga hasil tes apakah memenuhi passing grade atau tidak bisa diketahui usai tes,” jelas Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Ahmad Fajar Romdhoni, Senin (24/2/2020).

Dikatakan Fajar, setiap sesi tes akan diikuti 450 peserta kecuali sesi pertama dan terakhir. Untuk peserta tes sendiri hanya diperkenankan membawa KTP dan kartu tes saja saat memasuki ruangan. Selama pelaksanaan tes sendiri akan diawasi langsung oleh pengawas dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Fajar juga mengaku sejak awal sudah mengumumkan agar peserta tidak terlambat. Pasalnya, pin register untuk membuka soal akan ditutup lima menit sebelum tes dilakukan.

“Jika terlambat mengakses pin register soal, maka peserta otomatis akan gagal,” ujarnya.

Dalam tes SKD ini, ujarnya, 45 menit sebelum tes peserta diberi pengarahan dan tutorial pelaksanaan CAT oleh petugas. Untuk Sukoharjo sendiri, pelaksanaan tes SKD akan terbagi dalam 22 sesi tes. Tes dilaksanakan di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) di Kampung Dadapan, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar.

Fajar mengaku setelah tes SKD akan ada pengumuman dimana peserta yang lolos akan menjalani tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Setelah tes SKB selesai akan dipilih tiga peserta di masing-masing formasi yang memenuhi passing grade. Nantinya, peserta yang lolos seleksi CPNS didasarkan pada total nilai dari hasil SKD dengan bobot 40%dan SKB dengan bobot 60%. Pengumuman final peserta yang lolos tes CPNS akan diumumkan pada April mendatang. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *