Ragam  

Peserta Pelatihan BLK Dapat Bantuan Modal Usaha dari Baznas, Masing-masing Terima Rp1,5 Juta

Secara simbolis, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyerahkan bantuan modal usaha kepada perwakilan peserta pelatihan BLK di Lobi Kantor Bupati, Selasa (1/11/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Sebanyak 63 peserta pelatihan Balai Latihan Kerja (BLK) Sukoharjo menerima bantuan modal usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sukoharjo. Secara simbolis, bantuan diserahkan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Lobi Kantor Bupati, Selasa (1/11/2022).


Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Sukoharjo, Agustinus Setiyono, menyampaikan, bahwa bantuan modal usaha untuk peserta pelatihan BLK baru kali pertama ini diberikan. Hal itu atas kebijakan dari Bupati Sukoharjo dimana bantuan diberikan dalam upaya menstimulasi peserta pelatihan untuk mandiri.

“Total ada 63 peserta pelatihan BLK yang menerima bantuan modal usaha dimana setiap orang menerima Rp1,5 juta,” ujarnya.

Menurutnya, peserta pelatihan sendiri terdiri dari beberapa bidang, seperti service motor, menjahit, TIK, service HP, dan lainnya. Sebelum menerima bantuan, Baznas terlebih dahulu melakukan survei untuk memastikan bantuan tepat sasaran.

“Diharapkan peserta memanfaatkan bantuan dengan baik. Bantuan ini dalam upaya Pemkab Sukoharjo untuk memastika agar peserta setelah pelatihan nganggur, tapi bisa langsung bekerja atau mandiri dengan membuka usaha,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan jika bantuan modal usaha dari Baznas diberikan dalam upaya menstimulasi peserta pelatihan membuka usaha dan bisa mandiri. Hal itu dalam upaya Pemkab untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Sukoharjo.

“Bantuan ini tidak serta merti diberikan karena Baznas melakukan survei dulu agar bantuan tepat sasaran dimana tiap peserta mendapat Rp1,5 juta,” ujarnya.

Bupati berharap bantuan tersebut bisa menambah modal usaha bagi peserta pelatihan saat membuka usaha. Baik itu dibidang perbengkelan, usaha menjahit, dan lainnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *