Ragam  

Perayaan Tahun Baru di Pusat Keramaian Sumbang Lonjakan Volume Sampah

Armada truk sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) standby mengangkut sampah usai perayaan tahun baru di alun-alun.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Perayaan tahun baru 2020 baru saja usai. Tahun baru yang dirayakan masyarakat memberikan sumbangan volume sampah cukup signifikan. Lonjakan sampah tersebut berasal dari pusat keramaian selama pergantian tahun baru, antara lain di kawasan Alun-Alun Sukoharjo dan juga di kawasan The Park Mall. Sampah yang dihasilkan didominasi bekas bungkus makanan dan juga minuman.



“Sudah rutin tiap tahun. Usai perayaan pergantian tahun pasti menyisakan sampah keesokan harinya di lokasi-lokasi pusat keramaian,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agustinus Setiyono, Rabu (1/1).

Dikatakan Agus, lonjakan sampah sudah mulai terjadi saat memasuki liburan beberapa waktu lalu dan puncaknya saat perayaan tahun baru. Saat masuk liburan, lonjakan sampah terjadi tempat-tempat wisata. Menurutnya, volume sampah pada hari normal hanya berkisar 130 ton per hari dan memasuki liburan ini ada kenaikan 5% dan usai tahun baru ada kenaikan sebesar 10%.

Kalau untuk kontribusi sampah terbesar, ujar Agus, tetap sampah rumah tangga. Kegiatan malam tahun baru hanya menambah kontribisi volume sampah secara umum. Pasalnya, di lokasi keramaian perayaan tahun baru terdapat ribuan warga yang berkumpul jadi satu untuk menyaksikan pesta kembang api. Sampah yang dihasilkan sebagian besar merupakan bekas bungkus makanan maupun minuman.

Karena hari libur, ujar Agus, DLH memberlakukan sistem piket untuk pembersihan lokasi-lokasi yang terdapat sampah. Hal itu untuk menghindari sampah-sampah tersebut beterbangan terkena angin dan tidak menumpuk di jalan-jalan. “Untuk petugas yang piket membersihkan lokasi bekas keramaian dari sampah yang kemudian diangkut menggunakan truk dan dibawa ke TPA Mojorejo,” tambahnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *