Ragam  

Peralihan Musim, Warga Diimbau Waspada Bencana Angin Kencang

BPBD bersama warga melakukan kegiatan bersih sungai sebagai antisipasi banjir di musim hujan.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Musim hujan diperkirana segera tiba. Saat ini, hujan sudah turun meski intensitas masih rendah. Namun, sejumlah daerah sudah turun hujan cukup deras. Dalam masa peralihan musim ini, warga diminta untuk mewaspadai datangnya bencana alam utamanya angin kencang atau angin puting beliung. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pun telah melakukan pemetaan wilayah yang dinilai rawan akan kemungkinan datangnya bencana.



“Peralihan musim atau pancaroba biasanya diiringi dengan bencana alam seperti angin puting beliung, tanah longsor, banjir dan bencana lainnya,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Sukoharjo, Sri Maryanto, Minggu (20/10).

Menurutnya, untuk Sukoharjo sendiri beberapa kali udah turun hujan meski intensitasnya masih rendah. Diperkirakan, hujan dengan intensitas tinggi di bulan November mendatang. Sri Maryanto juga mengatakan, selama ini BPBD bersama masyarakat rutin melakukan kegiatan bersih sungai. Seperti yang dilakukan di salah satu aliran sungai di Dukuh Tegalan, Desa Blimbing, Kecamatan Gatak.

Kegiatan bersih sungai tersebut dilakukan BPBD bersama warga untuk menghadapi datangnya musim hujan dan mencegah banjir. Kegiatan tersebut diharapkan bisa menggugah kepedulian masyarakat dalam kesiapsiagaan dan kewaspadaan agar tidak terjadi banjir. “Selain melakukan upaya pencegahan, kami juga melakukan pengecekan peralatan-peralatan evakuasi jika ada darurat bencana dan penyelamatan. Sehingga, jika sewaktu-waktu muncul bencana, kami sudah siap termasuk peralatannya,” kata Sri Maryanto. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *