Penyetaraan Jabatan, 275 Pejabat Eselon IV Dilantik Jadi Pejabat Fungsional

Sebanyak 275 pejabat eselon IV dilantik jadi pejabat fungsional oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Jumat (31/12/2021),

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Sebanyak 275 pejabat eselon IV/pejabat administrasi dilantik dalam jabatan fungsional melalui penyetaraan jabatan. Pelantikan dilakukan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Jumat (31/12/2021). Selain itu, Bupati juga melantik empat pejabat administrasi eselon IV lain untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak terkena penyetaraan.




“Sesuai arahan Bapak Presiden bahwa reformasi struktur eselonisasi perlu dilakukan agar lembaga pemerintah semakin sederhana, simpel, dan dapat bergerak semakin lincah,” terang Etik.

Menurutnya, peralihan jabatan struktural menjadi jabatan fungsional merupakan upaya untuk menyederhanakan birokrasi menjadi fleksibel, efisien dan efektif serta merupakan wujud reformasi birokrasi dalam penyederhanaan organisasi ASN. Perubahan tersebut juga berpengaruh bagi pimpinan untuk melakukan supervisi dan pembagian tugas langsung kepada individu dan dengan penyederhanaan jabatan diharapkan dapat meningkatkan kinerja.

Etik juga mengatakan, melalui penyetaraan jabatan tersebut diharapkan mampu mengubah kultur birokrasi di Kabupaten Sukoharjo menjadi lebih baik. Begitu juga pemangku jabatan fungsional diharapkan memiliki motivasi lebih tinggi dalam meningkatkan keterampilan, kompetensi, serta kinerjanya.

“Dengan adanya penyetaraan ini, panjenengan semua mempunyai peluang yang lebih luas lagi dalam mengembangkan ide kreatif serta jenjang karir ke depannya, sehingga harapan saya, panjenengan semua mampu memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya,” pesan Etik.

Bupati juga mengajak kepada pejabat yang baru saja dilantik untuk memaknai transformasi ini dengan positif dan memanfaatkan peluang dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, struktural dan fungsional adalah sama-sama pejabat, hanya basisnya yang berbeda. Fungsional berbasis kompetensi sedangkan struktural berbasis manajerial.

“Untuk itu, manfaatkan peluang dan jalan lebar ini dengan sebaik-baiknya, jadikan transformasi ini ke arah yang positif, kita ubah mental kita untuk menjadikan lebih kompeten,” tegas Bupati.

Etik menambahkan, jabatan yang diberikan merupakan sebuah amanah yang harus disyukuri, dijaga dan dipertanggungjawabkan. Untuk itu, Etik mengajak kepada pejabat yang baru dilantik untuk bekerja secara maksimal, kreatif, dan inovatif yang dilandasi dengan profesionalisme dan integritas yang tinggi, guna mendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Sukoharjo. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.