Ragam  

Pengurus Baznas Sukoharjo Periode 2022-2027 Dilantik, Ini Pesan Bupati

Pengurus Baznas Sukoharjo periode 2022-2027 dilantik Bupati, Etik Suryani di Hotel Tosan Solo Baru, Grogol, Selasa (7/6/2022).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sukoharjo periode 2022-207 dilantik oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani. Pengambilan sumpah dan pelantikan dilakukan di Hotel Tosan Solo Baru, Kecamatan Grogol, Selasa (7/6/2022). Dalam kesempatan itu, Bupati berpesan agar Baznas semakin solid dan berkontribusi untuk kemajuan Sukoharjo.


Susunan pengurus Baznas Sukoharjo yang baru sendiri terdiri dari Ketua Sardiyono, Wakil Ketua I Sofwan Faisal Sifyan, Wakil Ketua II Legiman Luqman Hakim, Wakil Ketua III Joko Purwanto, Wakil Ketua IV Wahyono.

“Jadi, Baznas itu merupakan salah satu lembaga nonstruktural yang memberi kontribusi kepada negara di bidang pembangunan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan melalui pengelolaan dana zakat,” ujar Etik.

Menurutnya, keberadaan Baznas merupakan sebagai instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam.

Zakat merupakan salah satu cara alternatif dalam menanggulangi kemiskinan, karena hakikat zakat adalah memberi pertolongan pada kaum yang membutuhkan dan dapat menyelesaikan permasalahan sosial seperti pengangguran dan kemiskinan. Besarnya jumlah penduduk muslim di Indonesia diharapkan dapat semakin mengoptimalisasikan peran zakat dalam mengentaskan kemiskinan.

“Pegelolaan dan pendistribusian zakat yang dikelola secara amanah, professional, dan tepat sasaran serta diharapkan akan mengubah mustahik menjadi muzaki. Sehingga zakat dapat memecahkan masalah kemiskinan dengan cara memberdayakan orang-orang miskin agar menjadi lebih produktif dan sejahtera,” lanjut Etik.

Etik mengaku, selama ini sudah banyak bantuan yang disalurkan oleh Baznas pada masyarakat Sukoharjo yang membutuhkan. Seperti bantuan rehab RTLH, bantuan pengobatan, bantuan pendidikan, bantuan modal usaha, dan lainnya.

Dengan peran Baznas yang strategis tersebut, ujar Etik, maka sudah sewajarnya jika disokong oleh pemerintah. Selama ini, ujarnya, bantuan yang diberikan oleh Baznas bisa lebih cepat penyalurannya karena tidak membutuhkan birokrasi yang lama.

“Pimpinan Baznas yang lama sudah baik dalam berkolaborasi dengan Pemkab, saya harap yang baru ini juga semakin baik lagi,” ujarnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Bupati, Agus Santosa serta sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.