Ragam  

Pengamanan Perayaan Natal, Tim Gegana Polres Sterilisasi Gereja

Tim Gegana Polres Sukoharjo saat melakukan penyisiran di Gereja Hati Kudus Yesus Kelurahan Gayam, Selasa (24/12).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Menyambut Hari Natal, Polres Sukoharjo menerjunkan tim gegana dan juga anjing pelacak (K-9) ke gereja-gereja yang menggelar kegiatan merayakan Natal. Sterilisasi gereja dilakukan dengan cara menyisir gereja dengan “metal detector”. Sterilisasi dilakukan oleh empat anggota Tim Gegana untuk menjamin keamanan selama pelaksanaan kegiatan Natal. Selain tim gegana, Polres bersama anggota TNI juga standby di setiap gereja.



“Sterilisasi kami lakukan pada setiap gereja yang menggelar kegiatan menjelang Natal hingga Natal, besok. Totalnya ada lima gereja dimana dua gereja di Kecamatan Sukoharjo dan tiga gereja di Kecamatan Grogol,” ujar Kasat Sabhara Polres Sukoharjo, AKP Thourakhman disela-sela sterilisasi di Gereja Hati Kudus Yesus Kelurahan Gayam, Selasa (24/12).

Menurutnya, penyisiran dilakukan oleh petugas di setiap sudut dan semua ruangan gereja. Selain menggunakan “metal detector, petugas juga menerjunkan anjing pelacak. Untuk sterilisasi sendiri, diakui Rahman tidak semua gereja di Sukoharjo menggelar kegiatan. Untuk itu, sterilisasi dilakukan hanya pada gereja yang menggelar kegiatan. Gereja yang menggelar kegiatan Natal hanya gereja yang memiliki jemaat besar saja. Gereja itulah yang berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Sementara itu, Ketua Bidang Liturgi Gereja Hati Kudus Yesus Kelurahan Gayam, Sri Raharjo mengatakan, dalam rangka Natal 2019, gereja akan menampung sekitar seribu jemaat. “Selama peringatan Natal, selain ada pengamanan dari Polres, kami juga melakukan pengamanan internal gereja,” kata Sri Rajarjo.

Terkait sterilisasi yang dilakukan polisi, Sri Raharjo menilai wajar. Bahkan, apa yang dilakukan petugas polisi disambut positif pengurus gereja. Menurutnya, apa yang dilakukan petugas polisi dalam rangka memberikan rasa aman pada jemaat yang merayakan Natal. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *