Penerima Bantuan Beras CPP Sukoharjo 72.386 KPM, Bantuan Bulan Februari Disalurkan Usai Pemilu

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat melakukan pantauan penyaluran bantuan beras CPP 2024.

Sukoharjonews.com – Penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) dihentikan sementara. Meski begitu, khusus untuk Kabupaten Sukoharjo penyaluran beras untuk alokasi bulan Januari sudah selesai. Selanjutnya, untuk alokasi bulan Februari akan disalurkan setelah pemilu.


Seperti diketahui, ditahun 2024 ini, total penerima bantuan di Kabupaten Sukoharjo sebanyak 72.386 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Setiap KPM menerima bantuan 10 kilogram (kg) beras setiap bulan. Penyaluran dilakukan langsung oleh Bulog.

“Sejak awal Februari 2024 kami turun dan selesai pada 7 Februari 2024 untuk alokasi bantuan beras CPP bulan Januari dan sudah selesai 100%,” jelas Wakil Pimpinan Cabang Bulog Surakarta, Andrew Ramadhan Shahab, Senin (12/2/2024).

Bulog Surakarta melihat proses penyaluran bantuan beras dilakukan oleh petugas sesuai prosedur. Artinya hanya KPM terdata dan membawa undangan resmi saja yang bisa mengambil bantuan beras.


“Selanjutnya akan disalurkan bantuan beras CPP alokasi Februari tahun 2024. Sedang dijadwal dan kemungkinan akan dilaksanakan pada minggu ketiga atau keempat Februari ini. Yang jelas penyaluran setelah pemilu karena baru saja alokasi Januari selesai disalurkan,” lanjutnya.

Dikatakan Andrew, ada dua tahap penyaluran CPP tahun 2024, yakni tahap pertama untuk alokasi Januari, Februari, dan Maret serta tahap kedua untuk April, Mei, dan Juni.

Untuk penyaluran bantuan beras CPP ini dilakukan pengemasan beras oleh Bulog Telukan Grogol Sukoharjo. Pelaksanaan penyaluran juga melibatkan Kantor Pos dan Dinas Pangan Sukoharjo.

“Secara teknis semua lancar. Tapi ada satu atau dua KPM di desa yang pada saat jadwal pengambilan tidak bisa datang sendiri karena kendala usia sudah tua dan sakit. Pengambilan akhirnya dilakukan oleh pihak anggota keluarga yang masih masuk dalam satu Kartu Keluarga (KK). Ada juga KPM belum bisa mengambil karena keperluan keluarga dan kerja namun tetap dilayani petugas dengan penyaluran kepada KPM tersebut,” lanjutnya.


Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan Sukoharjo, Iwan Setiyono mengatakan, bantuan beras melalui program CPP alokasi Januari tahun 2024 dipastikan sudah disalurkan semua dan diterima oleh masing-masing KPM. Iwan menegaskan untuk Februari tetap ada penyaluran.

“Memang, sesuai kebijakan pemerintah pusat penyaluran dihentikan sementara sampai pemilu selesai,” ujarnya.

Dinas Pangan Sukoharjo berharap bantuan beras melalui program CPP ini mampu membantu keluarga memenuhi kebutuhan hidup khususnya pangan. Disisi lain juga diharapkan dapat menekan angka kenaikan harga beras dipasaran mengingat banyak warga yang sudah mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga melalui program bantuan CPP. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *